Peristiwa

Warga Sampang Mandi di Kubangan Air Keruh

Sampang (beritajatim.com) – Meski air keruh dan bau, warga Desa Tolang, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura tetap memanfaatkan air tersebut untuk mandi dan mencuci pakaian.

Pasalnya, sejumlah sumber mata air sudah mengering ditambah tidak ada bantuan air bersih kepada warga korban bencana kekeringan kali ini.

“Dengan terpaksa warga mandi dan mencuci di genangan air sungai yang masih tersisa,” terang Sumairi, Sekertaris Desa (Sekdes) Desa Tolang, Sabtu (3/10/2020).

Sumairi menambahkan, lokasi yang dijadikan pemandian oleh warga itu adalah sungai yang sudah tidak mengalir karena kemarau. Tetapi  beberapa lubang sungai yang dalam masih tersisa air dan di situlah warga memanfaatkan untuk kebutuhan cuci pakaian dan mandi.

“Jika warga terus menerus mandi di kubangan sungai itu maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi penyebaran penyakit kulit. Karena, air yang tidak mengalir tetapi digunakan mandi secara bergantian,” tegasnya.

Sumairi selaku perangkat desa setempat hanya bisa berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan kebutuhan air bersih warga saat musim kemarau tiba.

“Kita hanya bisa berharap kejadian ini menjadi perhatian pemerintah, karena kasian warga jika nanti sampai ada yang terjangkit penyakit,” harapnya.[sar/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar