Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Warga Sampang Diimbau Siaga Bencana

Ilustrasi banjir di wilayah Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Intensitas hujan di pertengahan November 2021 sudah mulai meningkat. Sejumlah bencana seperti longsor, banjir dan angin puting beliung mengancam di beberapa wilayah di Kabupaten Sampang.

Asroni Kepala BPBD setempat mengatakan, munculnya cuaca ekstrem akibat perubahan dari El nino ke La nina. Sehingga perlu dilakukan pemetaan wilayah berdasarkan potensi rawan bencana alam.

“Khusus bencana longsor, rawan terjadi di Kecamatan Robatal, Kedungdung, Tambelangan dan Karang Penang. Sedangkan banjir, rawan terjadi di Kecamatan Torjun, Jrengik dan wilayah kota. Selanjutnya, bencana angin puting beliung berpotensi terjadi di Kecamatan Sreseh, Camplong, Omben, Karang Penang, Torjun dan Kecamatan Jrengik,” terangnya, Sabtu (20/11/2021).

Asroni menambahkan dengan adanya pemetaan itu, diharapkan masyarakat bisa mewaspadai adanya potensi bencana yang mengintai di setiap kecamatan.

“Kami mengimbau agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaannya menghadapi musim hujan ini supaya lebih hati-hati dan siap siaga saat hujan dengan intensitas tinggi,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Asroni meminta kerjasama antara masyarakat dengan pihak pemerintahan terkait untuk selalu berkoordinasi, dalam upaya antisipasi mengurangi resiko bencana. “Perlu ada sinergitas antara warga dan pemerintah untuk meminimalisir dampak bencana,” tandasnya. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar