Peristiwa

Warga Perbaiki Jalan Raya Secara Swadaya

Perbaikan jalan raya Sokobanah hasil sumbangan warga, Jumat (12/2/2021)

Sampang (beritajatim.com) – Sejumlah warga menggalang dana untuk memperbaiki jalan rusak secara swadaya. Alhasil, dari sumbangan uang donatur yang terkumpul bisa membeli beberapa bahan material seperti semen dan pasir.

Upaya itu terpaksa dilakukan lantaran kondisi jalan raya Kabupaten Sampang yang berada di Kecamatan Sokobanah semakin ambles dan mengancam terputusnya hubungan antar Kecamatan. “Kalau menunggu perbaikan dari pemerintah kapan? Padahal, jalan raya ini merupakan penghubung antar kecamatan dan jalan menuju pasar,” kata Jamil, warga setempat, Jumat (12/2/2021).

Jamil menambahkan, amblesnya jalan tersebut terjadi sekitar 10 hari yang lalu. Semakin hari semakin ambles hingga mengancam pemukiman penduduk yang ada di bawah bahu jalan. “Kami heran dengan pemerintah, padahal jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kemana anggaran tanggap darurat, kemana pemerintah saat rakyat membutuhkan, bukan hanya saat pemilihan umum saja membawa-bawa nama rakyat,” keluhnya.

Sebelumnya Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengaku telah mengangarkan perbaikan jalan Kabupaten di Kecamatan Sokobanah itu sebesar Rp 40 juta. “Sudah saya anggarkan dari BPBD dana tanggap darurat Rp 40 juta, sedangkan untuk plengsengan itu dari Dinas PUPR,” ucap Asroni beberapa hari yang lalu.

Sekedar diketahui, amblesnya jalan raya tersebut diduga kuat karena struktur tanah bergerak hingga aspal retak. Sementara kian hari kerusakan semakin parah dan nyaris longsor. Melihat kondisi itu, warga melakukan pengalangan dana dan memperbaiki jalan raya tersebut secara swadaya. [sar/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar