Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Warga Mojokerto Rasakan Gempa 3,0 SR

BPBD Jatim dan Kabupaten Mojokerto mengecek lokasi gempa berada di lahan jagung milik Kasus Losari Mujib di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. [Foto : istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Gempa dengan kekuatan 3,0 Skala Richter (SR) terjadi di Mojokerto. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Mojokerto mengecek lokasi gempa di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Pusat gempa terjadi di lahan jagung milik Kepala Dusun (Kadus) Mujib tersebut terjadi pada, Senin (27/9/2021) sekira pukul 06.47 WIB. Sejumlah warga merasakan guncangan dengan durasi sekitar 3 detik namun, dari hasil pengecekan tidak ditemukan berdampak pada kerusakan bangunan di sekitar.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Lutfi Ariyanto mengatakan, jika pihaknya mendapatkan laporan terkait gempa yang terjadi di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. “Warga merasakan getaran gempa dengan durasi yang berlangsung antara 2-3 detik,” ungkapnya.

Masih kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto ini, petugas langsung melakukan pengecekan terhadap titik koordinat gempa dan dari hasil pemetaan titik pusat gempa berada di Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Yakni di lahan jagung milik Kadus Losari, Mujib.

“Data BMKG menyebutkan, gempa dengan Mag: 3.0 SR, Lok: 7.61 LS, 112.44 BT (15 KM Tenggara Mojokerto – JATIM) dengan kedalaman 7 KM. BPBD Jatim bersama Pusdalop BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan pengecekan titik pusat gempa sesuai titik koordinat yang di update oleh BMKG,” katanya.

Dari hasil pengecekan di sekitar lokasi pusat gempa, lanjut Lutfi, beberapa bangunan yang ada di sekitar lokasi gempa namun tidak ditemukan adanya kerusakan. Petugas melakukan asesment dampak kejadiannya gempa kepada warga Dusun Losari, Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

“Tidak ditemukan kerusakan bangunan di sekitar lokasi, namun dihimbau kepada warga untuk tetep tenang dan selalu waspada,” tegasnya. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar