Peristiwa

Warga Melihat dari Dekat Muntahan Lahar Panas Semeru

Lumajang (beritajatim.com) – Puluhan warga melihat langsung guguran lava pijar atau awan panas di Aliran Sungai Besuk Kobokan Dusun Curah Kobokan Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo. Mereka ingin melihat langsung muntahan gunung tertinggi di pulau jawa, Selasa (1/12/2020).

Pantauan beritajatim.com, lahar panas masih mengeluarkan asap dan material vulkanis berwarna putih. Lokasi penambangan pasir di Besuk Kobokan terhenti total.

Warga terlihat berbondong-bondong berdiri diatas Aliran Lahar untuk mengabadikan dan berswafoto. “kita gak menyangka lahar Semeru sampai ke Curah Kobokan,” ujar Nono, warga setempat, Selasa (1/12/2020).

Akibat guguran lahar panas ini, kondisi langit di wilayahh Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo gelap. Sedangkan matahari terlihat seperti bulan karena tertutup kabun awan panas yang masih melingkupi Gunung Semeru..

Sementara puncak Semeru tidak terlihat tetutup asap putih. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri dan TNI menghimbau masyarakat tidak mendekat lokasi lahar panas.

“Jangan mendekat, kita tidak tahu kondisi semeru,” ujar seorang petugas. (har/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar