Peristiwa

Warga Kletek Sidoarjo Demo Tolak Bau Busuk Usaha Tepung Bulu Ayam

Sidoarjo (beritajatim.com) – Puluhan warga RT 08 RW 04 Desa Kletek Kec Taman berunjuk rasa di depan balai Desa Kletek, Kamis (16/7/2020).

Warga menuntut usaha pengolahan tepung bulu ayam di sekitar RW 04 itu dapat dihentikan supaya tak menimbulkan bau busuk lagi.

Ketua RW 04 Desa Kletek Agus Haryono mengatakan, produksi tepung bulu ayam itu telah memunculkan bau busuk sehingga membuat warga terganggu.

Awalnya tahun 1990 sang pemilik hanya menjual bulu ayam. Namun pada 2016, usaha merambat ke pengolahan tepung.

“Nah itu dampaknya lebih luas lagi, apalagi pakai batu bara, itu kan enggak boleh sebenarnya,” katanya.

Dia menmbahkan, bangunan usaha tepung bulu ayam itu juga berada di saluran irigasi. Sehingga limbahnya dibuang ke sungai dan membuat air berubah warna serta berbau busuk.

“Hal demikian berlangsung sejak 2016 silam dan membuat resah warga sekitar hingga sekarang,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Taman, Ali Sarbini menjelaskan, perusahaan pengolahan tepung bulu ayam tersebut rencananya memang akan dibongkar.

Namun pihaknya meminta maaf jika rencana tersebut hingga saat ini belum terealisasi. “Memang harus dibongkar karena belum ada izin,” tegasnya.

Sebelumnya 24 Maret lalu, aksi unjuk rasa juga sudah digelar di lokasi usaha. Pada 2 April lalu warga dan pemilik usaha juga sudah menggelar mediasi di Mapolsek Taman. Kemudian pada 11 April juga sudah wadul ke DPRD Sidoarjo dan Jawa Timur. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar