Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Warga Kepulauan Morotai Rasakan Gempa 5,2M Selama 3 Detik

Jakarta (beritajatim.com) – Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,2 terjadi pada Rabu pagi (17/3), sekitar pukul 08.49 WIB. Guncangan dirasakan oleh warga Kabupatan Kepulauan Morotai, Provinsi Maluku Utara. Pusat gempa berada pada 60 km Timur Laut Daruba, Maluku Utara, dengan kedalaman 14 km.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Morotai menginformasikan warganya merasakan guncangan sedang. Guncangan dirasakan sekitar 2 hingga 3 detik. Saat ini dampak gempa masih dalam pemantauan oleh BPBD Kabupaten Kepulauan Morotai, dan belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Sementara itu, berdasarkan analisis pemodelan dari parameter gempa, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pada guncangan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity menunjukkan wilayah Morotai mencapai II – III MMII,” ujar Muhari, Rabu (9/3/2022).

Dia menambahkan, melalui analisis InaRISK diketahui Pulau Morotai merupakan wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 5 kecamatan di kabupaten ini berada pada potensi tersebut dengan jumlah luas daerah yang terpapar bahaya mencapai 234.210 hektar.

Menyikapi potensi bahaya gempa bumi di daerah Kepulauan Morotai tersebut, menurutnya, BNPB terus memberikan imbauan kepada warga agar memahami potensi risiko kegempaan di wilayah masing-masing, dan senantiasa siaga sesuai kondisi rumah masing-masing.

“Upayakan agar tidak menaruh barang-barang yang berpotensi jatuh dan menghalangi evakuasi saat gempa,” imbau Muhari. [hen/but]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar