Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Warga Kepulauan Madura Mudik Lebih Awal

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah warga kepulauan Madura tamppak memadati Pelabuhan Tanjungwangi, Ketapang, Banyuwangi. Mereka akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman lebih awal.

Moda transportasi yang menjadi andalan adalah menggunakan Kapal Perintis Sabuk Nusantara yang biasa sandar di pelabuhan bagian utara Banyuwangi ini.

Hal lain yang menjadi alasan mereka pulang lebih awal adalah adanya kelonggaran penerapan protokol kesehatan saat melakukan perjalanan.

Kondisi ini menjadi peluang besar bagi sebagian calon penumpang untuk segera memanfaatkan momen agar bisa segera bertemu keluarga di kampung halaman.

Jumairah salah satu pemudik asal Kepulauan Madura yang sengaja memanfaatkan moda transportasi ini. Dia berangkat dari Gilimanuk, Jembrana, Bali usai menjemput anaknya yang tengah menempuh belajar di pondok pesantren.

“Ya, ini baru menjemput anak dari pondok di Gilimanuk, Bali. Rencananya, pulang mau liburan di kampung halaman. Sampai dua minggu setelah lebaran,” kata Jumairah.

Sejumlah penumpang lain dari berbagai daerah di tapal kuda juga demikian. Mereka memanfaatkan momen untuk mudik lebih awal. “Karena kalau terlalu mepet dengan hari lebaran takutnya susah untuk mendapat tiket kapal. Mumpung ada kesempatan kita pulang duluan dah,” ungkap Busahri penumpang lainnya.

Kapal perintis Sabuk Nusantara memang menjadi salah satu moda transportasi yang melayani perjalanan antar pulau di Kepulauan Madura. Rutenya, dari Banyuwangi – Kepulauan Madura dan Surabaya PP. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar