Peristiwa

Warga Kediri Temukan Arca Ganesha di Penggalian Saptic Tank

Kediri (beritajatim.com) – Sebuah Arca Ganesha atau berbentuk Gajah ditemukan di Dusun Kwagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Sabtu (15/7/2019). Arca yang diduga peninggalan zaman Kerajaan ini berada di lokasi penggalian saptic tank warga, yang terletak di area bangunan rumah baru tahap pondasi.

Penemu arca adalah Prianto (48) warga setempat yang sedang bekerja untuk membuat galian saptic tank. Prianto menemukan bongkahan batu bata kuno berukuran besar pada kedalaman kurang lebih 2 meter. Kemudian disusul Arca Ganesha tepat dibawah batu bata.

Baca Juga:

    Kepala Dusun Kwagean Suwandi mengatakan, hingga saat ini masih dilakukan proses penggalian di lokasi. “Arca yang sudah berhasil diangkat kini kita amankan,” kata Suwandi.

    Ada satu buah arca yang ditemukan beserta beberpa buah batu bata kuno. Penemuan tersebut mengundang rasa penasaran masyarakat setempat untuk datang melihat. Saat ini lokasi penemuan masih dipenuhi oleh warga.

    Kapolsek Kepung, AKP Suharjito mengatan, pihaknya akan membantu mengamankan penemuan tersebut. Selain itu, kepolisian juga berkoordinasi dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto. [nng/kun].

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar