Peristiwa

Warga Jombang Antusias Saksikan Gerhana Matahari Pakai Teleskop

Warga sedang menyaksikan gerhana matahari menggunakan teleskop di Halaman Masjid Baitul Mukminin Jombang, Kamis (26/12/2019).

Jombang (beritajatim.com) – Warga Jombang datang secara silih berganti ke halaman Masjid Baitul Mukminin atau Masjid Jamik, Kamis (26/12/2019). Mereka menyaksikan gerhana matahari menggunakan teleskop. Karena dengan alat tersebut, mereka bisa menyaksikan fenmena alam tersebut secara jelas.

Memang, di halaman masjid itu, aneka peralatan digital hingga manual telah disediakan oleh para mahasiswa dari Lembaga Falaqiyah di Jombang. Alat itu diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin melihat dari dekat seperti apa matahari saat terjadi gerhana.

“Kami ingin membantu masyarakat yang tertarik menyaksikan secara langsung momentum gerhana matahari sebagain ini. Karena ini paling tidak tejadi setahun sekali belum tentu. Gerhana matahari sebagian ini terjadi di wilayah Jombang dan sebagain di Pulau Jawa. Gerhana ini berlangsung selama kurang lebih dua jam, mulai pukul 11.02 dan berakhir pada 14.32 WIB,” katanya.

Puncaknya, lanjut Mujazon, pada pukul 13.00 WIB. Sementara pada pukul 12.30, gerhana matahari bisa disaksikan 65 persen. Sedangkan di luar Jawa terjadi gerhana cincin. Alhasil meskipun mendung, namun antusias masyarakat untuk datang dan mencoba melihat gerhana matahari dengan teleskop cukup tinggi. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar