Peristiwa

Warga Jember Deklarasikan ‘Jogo Tapal Kuda’

Jember (beritajatim.com) – Sejumlah warga mendeklarasikan gerakan Indonesia Damai Jogo Tapal Kuda, di alun alun Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/12/2020). Mereka menolak kelompok intoleran dan radikal.

Deklarasi ini dipimpin Ketua Garda Nusantara Tapal Kuda Mahmud dan melibatkan warga dari berbagai latar belakang kelompok dan agama. “Kami menyikapi situasi saat ini. Masyarakat pada saat pandemi sudah susah. Berikutnya disusul munculnya secara terbuka gerakan-gerakan yang mengkhawatirkan. Gerakan mereka banyak kelompok, baik yang nampak dan tidak,” katanya.

Deklarasi itu, menurut Mahmud, adalah perwujudan rasa cinta kepada Indonesia. “Kami mengingatkan kepada saudara-saudara yang memiliki paham yang salah. Kalau tidak bisa diingatkan, itu wewenang aparat keamanan,” katanya.

Munculnya kelompok-kelompok beraliran radikal itu karena minimnya pengalaman. “Dan didukung keterbukaan media sosial yang bebas dan mudah diakses, tapi dalam menyikapi informasi apapun tidak lengkap dan sepotonh-potong,” kata Mahmud.

Mahmud berterima kasih kepada TNI dan kepolisian. “Mereka sudah bahu-membahu melakukan penegakan hukum,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar