Peristiwa

Warga Jember Blokade TPA Sampah

warga memblokade TPA Pakusari (foto: humas)

Jember (beritajatim.com) – Puluhan warga sempat memblokade tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Dusun Lamparan, Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (25/7/2019).

Mereka memprotes limbah sampah yang mencemari ke sawah. “Sampahnya menggunung,” kata Acep Suparman, warga setempat yang tinggal sekitar 500 meter dari TPA.

Warga memprotes tak adanya penanganan sampah dari pemerintah. Mereka kemudian melarang truk-truk sampah untuk membongkar muatan.

Camat Pakusari Ahmad Fauzi mengatakan, pagar pembatas di sisi timur TPA sepanjang 30 meter dengan sawah roboh pada medio Maret silam. Ini akhirnya membuat limbah sampah masuk ke sawah Mahfud, warga setempat.

“Saya sebenarnya sudah mendatangi beberapa warga yang akan berunjukrasa. Namun rupanya ada warga yang ingin ada perhatian lebih terhadap masalah ini,” kata Fauzi.

Pukul tujuh pagi, warga memalang pintu masuk TPA dengan bambu dan memasang kertas bertuliskan: Lokasi TPA ditutup oleh pemilik sawah korban limbah sampah.

Fauzi memediasi pengelola TPA dan warga. Pukul setengah sebelas, blokade dibuka setelah ada kesepakatan bahwa akan ada perbaikan. Blokade dibuka dan muatan truk sampah akhirnya boleh dibongkar. (Wir)





Apa Reaksi Anda?

Komentar