Peristiwa

Warga Desa di Jember Gelar Upacara Bendera di Tepi Sungai

Jember (beritajatim.com) – Puluhan warga Dusun Darungan, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI di tepi sungai bawah jembatan gantung yang bernama ‘Jembatan Cinta’, Senin (17/8/2020).

Upacara tak hanya diikuti pria dan perempuan dewasa, tapi juga anak-anak dan remaja. Mereka menggunakan masker dan menjaga jarak dalam barisan, sebagaimana ketentuan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Tak hanya menggelar upacara bendera, warga juga membersihkan sungai. Mereka menyebarkan benih ikan lele sebanyak dua ribu ekor di sana. “Kami mengajak warga di sini untuk menjaga kebersihan sungai ini,” kata Supriyadi, panitia penyelenggara.

Jembatan gantung ini ikonik dan merepresentasikan semangat perjuangan bagi warga setempat. Ridhowi, salah satu warga mengatakan, pondasi dua sisi jembatan dibangun pada 1997 dan 1999. “Setelah itu mangkrak. Akhirnya didukung semua warga, dengan mendapat dana dari pemerintah pusat, jembatan itu mulai dikerjakan lagi pada 2000,” katanya.

Tahun 2002, pengerjaan jembatan selesai. Dua tahun kemudian jembatan itu diresmikan oleh Bupati Samsul Hadi Siswoyo. Jembatan itu kemudian diperbaiki lagi oleh warga secara bergotong-royong. “Tahun 2016, setelah selesai, warga menggelar tasyakuran dengan dihadiri Pak Wakil Bupati Kiai Abdul Muqiet Arief,” kata Ridhowi. Hingga saat ini, jembatan itu dirawat warga bersama-sama.

Ridhowi ingin jembatan gantung itu dijadikan lokasi wisata lokal. Dengan menjadi tempat wisata, sungai tetap bersih dan ikan-ikan di sungai tetap hidup. “Tidak ada menyetrum dan meracuni ikan. Jadi warga saling menjaga,” katanya. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar