Peristiwa

Warga Dengar Gemuruh Gunung Raung di Malam Hari

Warga di lereng Gunung Raung di Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon masih beraktivitas seperti biasa. [Foto/Rindi]

Banyuwangi (beritajatim.com) – Aktivitas erupsi Gunung Raung di Banyuwangi terus meningkat. Warga di sekitar lereng gunung tersebut mendengar suara gemuruh saat malam hari.

“Ya, mendengar tapi warga tetap tenang,” kata Muhamad Lukman Hakim, warga Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Sabtu (23/1/2021).

Sebenarnya, kata Lukman, warga sudah biasa dengan kondisi ini. Tapi, mereka tetap saja waspada dan siaga jika sewaktu-waktu kondisi aktivitas gunung meningkat. “Sampai saat ini belum ada informasi atau imbauan dari pemerintah desa dan pos pantau. Kalau ada rekomendasi untuk mengungsi kita akan sampaikan ke warga,” kata pemuda yang juga anggota PMI ini.

Warga di sekitar lereng gunung, kata Lukman, masih beraktivitas seperti biasa. Mereka lebih siap dibanding dengan erupsi tahun 2015. “Kalau dulu itu banyak warga yang panik. Banyak yang jual barang berharga dan ternak mereka. Tapi sekarang tidak,” ungkapnya.

Lukman menambahkan, erupsi saat ini banyak didengar dan dilihat warga. Bahkan, banyak yang menyangka erupsi akan semakin membesar. “Saudara saya di Banyuwangi kota sempat meminta saya untuk meninggalkan rumah, tapi saya bilang Gunung Raung masih aman,” pungkasnya.

Hingga saat ini, aktivitas erupsi Gunung Raung masih terjadi. Data dari Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon menunjukkan terjadi sejumlah gempa. Warga direkomendasikan untuk tidak mendekati erupsi kawah aktif di puncak gunung radius 2 Kilometer. Warga juga diminta tetap tenang dan waspada. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar