Peristiwa

Warga Bumiayu Berebut Gunungan Sambut Ramadan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dua gunungan besar disusun dari hasil bumi. Gunungan itu untuk diperebutkan oleh warga. Selain itu juga ada belasan tumpeng yang disiapkan untuk disantap secara bersama-sama, Minggu (28/4/2019).

Sejak pagi, dua gunungan yang dibuat dari buah-buahan dan sayuran hasil pertanian desa setempat diarak keliling Desa Bumiayu. Gunungan satu setinggi lima meter, dan satunya lagi setinggi tiga meter.

Hal itu dilakukan oleh warga Desa Bumiayu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah. Prosesi arak-arakan gunungan cukup meriah dengan iringan musik tradisional oklik dan drum band.

Tepat pukul 11.00 WIB Kepala Desa setempat menandai proses rebutan gunungan dengan memetik beberapa buah. Selanjutnya, secara serentak masyarakat langsung berebut untuk mendapatkan aneka macam buah-buahan serta sayuran.

“Senang sekali bisa berebut mendapatkan buah, semoga berkah,” ujar Sumi salah satu warga.

Khusnul, salah satu panitia ditemui usai prosesi rebutan gunungan mengatakan, selain menyambut Bulan Suci Ramadhan acara tersebut juga dirangkai dengan haul sesepuh desa Bumiayu serta sedekah bumi.

“Tujuan lainnya adalah birrul walidain (berbakti kepada orang tua) khususnya para sesepuh Desa Bumiayu. Disini ada makamnya salah satu wali, jadi setiap tahun kami peringati dengan haul dan acara-acara lainnya,” ujarnya.

Dia mengaku bangga masyarakat sangat antusias dengan digelarnya acara tersebut. “Grebeng tumpeng dan gunungan ini sudah menjadi tradisi, sehingga setiap tahun akan kami laksanakan yang lebih meriah lagi,” ungkapnya.

Tidak hanya rebutan gunungan, acara pengajian serta shalawatan juga akan digelar malam ini. Selain itu, para pemuda Desa Bumiayu juga mendatangkan PMII Cabang Bojonegoro untuk melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

“Kami ingin kegiatan yang kita laksanakan bertambah manfaat, salah satunya dengan donor darah. Kami senang partisipasi masyarakat tinggi untuk ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah lewat donor,” tambah Yani salah satu koordinator pemuda. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar