Peristiwa

Warga Banyuwangi Dapat 10 Ribu Masker dan Nasi dari Relawan Jokowi Gibran

Relawan Jokowi Banyuwangi bagikan masker

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang mengatasnamakan mereka Relawan Jokowi dan loyalis Gibran Rakabuming Raka membagikan 10 ribu masker dan nasi kepada warga di Banyuwangi.

Sasarannya adalah pedagang dan pembeli di pasar tradisional serta di rumah warga di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Langkah ini merupakan bentuk dukungan dari upaya pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

“Kami barisan relawan Presiden Jokowi dan Mas Gibran membagikan masker dan nasi kotak kepada masyarakat Banyuwangi. Ada 10 ribu masker dan 10 ribu nasi yang di bagikan serentak di beberapa titik,” kata Sonny, Sabtu (24/7/2021).

Tak hanya itu, Sonny dan para relawan lain juga turut mengemban misi mengkampanyekan disiplin protokol kesehatan. Di antaranya, menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Sonny menilai, di sejumlah daerah mulai terlihat geliat perekonomian warganya. Tak terkecuali di Desa Jambewangi ini. Namun, ironisnya banyak warga yang masih kurang sadar terhadap pemakaian masker setiap saat beraktivitas di luar.

“Warga harus tetap memakai masker, apalagi di pasar. Jaga dan hindari kerumunan,” ungkapnya.

Hingga kini, kata Sonny, pemerintah terus berupaya mencapai target herd immunity dengan program vaksinasi. Namun, kondisi ini berbanding dengan kondisi di desa. Pasalnya, masih banyak warga yang beranggapan vaksinasi merupakan langkah final.

“Banyak masyarakat yang mungkin berasumsi kalau sudah divaksin terjamin tidak tertular Covid-19, nah ini kan asumsi yang salah. Maka, kami sekaligus bersosialisasi bahwa masker itu wajib dan jaga jarak itu harus meski sudah vaksin,” jelasnya.

Para Relawan Barisan Jokowi Gibran saat aksi membagikan masker dan nasi di Pasar Kecamatan Sempu.

Namun demikian, lanjut Sonny, harus dipahami kondisi di lapangan. Kadang, disiplin protokol kesehatan berbenturan dengan kewajiban pemenuhan kebutuhan hidup.

“Setidaknya para tulang punggung keluarga ini harus terlindungi agar tidak membawa virus waktu pulang kerja. Bagi yang sudah bermasker, paling tidak mereka memiliki cadangan yang selalu di bawa,” ungkapnya.

Tak lupa, Sonny turut mengajak warga agar ikut mensukseskan kebijakan pemerintah. Sekaligus mengajak semua masyarakat berperan aktif dalam menanggulangi pandemi Covid 19.

“Mari bersama-sama bergotong royong saling membantu di masa sulit ini. Terutama kaum milenial yang harus jadi agen penanganan Covid-19 minimal di keluarga masing-masing. Supaya pandemi kita segera terbebas dari invasi virus saat ini,” ucapnya.

Aksi lain dari barisan relawan Jokowi Gibran ini yaitu memborong dagangan para pedagang di pasar. Hasilnya, kemudian diberikan kepada beberapa lansia dan tukang becak yang ada di sekitar pasar.

“Tadi saya lihat ada anak muda yang bagi-bagi masker dan nasi. Kemudian belanja kok banyak sekali dan kembalinya tidak diambil juga. Yang sudah dibeli itu lalu diberikan ke orang-orang, saya juga dikasih. Jadi terima kasih banyak ya pak,” kata Nawir salah seorang tukang becak.

Tak berhenti di sini, barisan relawan ini juga berencana memberikan paket sembako serta multivitamin bagi warga yang isolasi mandiri. Termasuk juga akan memberikan bantuan paket data kepada ribuan siswa sekolah.

“Dalam waktu dekat ini kami akan kembali untuk membantu orang tua yang memiliki anak sekolah. Ada sekitar 2.500 giga byte paket data yang nantinya akan dibagikan dalam bentuk voucher,” pungkasnya.(rin/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar