Peristiwa

Wakapolda Jatim Pantau Kebakaran di Gunung Semeru

Wakapolda Jatim, Brijeni Toni ( Kiri) didampingi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat memantau kebakaran hutan Semeru di Ranu Pani.

Lumajang (beritajatim.com) – Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto melakukan peninjauan langsung kebakaran hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Pemantauan Wakapolda dengan menaiki Helikopter dan mendarat di Ranu Pani.

“Saya tadi pantau dari udara untuk melihat titik api,” kata Toni pada Bupati Lumajang didampingi Kapolres AKBP Arsal Sahban, Senin (30/9/2019).

Masih kata dia, sejumlah titk api dan kepulan asap masih terlihar disejumlah titik hutan di kawasan Gunung Semeru. Sehingga perlu banyak tim untuk melakukan pemadaman agar tidak meluas.

“Perlu koordinasi semua pihak dari TNBTS, Polri, TNI, Relawan dan Warga,” jelasnya.

Wakapolda khawatir dampak kebakaran hebat di kawasan Gunung Semeru bisa merusak ekosistem Flora dan Fauna. Pasalnya, titik kebakaran berada dizona inti hutan terluas di Jawa Timur.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengaku sudah melakukan langkah koordinasi dengan TNBTS, Polri dan TNI dalam menanggulangi kebakaran. Lokasi yang jauh dan angin membuat api terus merambat cepat.

“Sampai saat ini tim dari BPBD bersama TNBS dibantu Polri dan TNI terus memantau dan melokalisir api tidak merambat lebih luas,” paparnya. (har/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar