Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Wagub Emil Dardak Dukung Pengembangan Kopi oleh Anak Muda Desa

Jember (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berharap pemuda di wilayah pertanian dan pedesaan tetap bersemangat dalam mengembangkan potensi komoditas kopi. Pemprov Jatim akan mendorong melalui program-program yang afirmatif.

Hal ini dikemukakan Emil, saat kegiatan penanaman bantuan lima ribu bibit pohon kopi arabika di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, bertepatan dengan Hari Kopi Sedunia (2/10/2021). Acara ini diselenggarakan kelompok petani muda Gerakan Milenial Cemerlang (Gemilang).

“Kita dari Pemprov Jawa Timur tentu ingin Gemilang ini menjadi satu model yang bisa dijalankan. Mudah-mudahan ini akan menjadi contoh bahwa tinggal di desa bukan suatu keterpaksaan tetapi merupakan pilihan hidup yang lebih baik,” kata Emil.

Emil didampingi Kepala Bakorwil, Kepala Dinas Pertanian, dan Perwakilan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. “Waktu kami merumuskan program-program anak muda, ada Millenial Job Center, ada juga start up digital, macam-macam. Tetapi kami juga berpikir bahwa ternyata ada jutaan generasi muda yang tinggal di wilayah pedesaan, yang sebenarnya ilmunya sudah banyak dan juga punya harapan ingin maju,” katanya.

Pemprov Jatim lantas membuat Gerakan Milenial Cemerlang (Gemilang) yang menjadi wadah untuk menggali potensi dan inovasi anak-anak muda Jawa Timur. “Nah ternyata di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Jember, di ketinggian 1.150 meter dari permukaan laut ini, para pemudanya ingin mengembangkan kawasan ini sebagai sentral perkebunan kopi arabika,” kata Emil.

Ketua Kelompok Tani Desa Sidomulyo Suwarno berterima kasih kepada Emil. “Mudah-mudahan kehadiran bapak disini bisa menambah semangat bagi masyarakat desa sidomulyo ini untuk berkarya untuk peningkatan taraf hidup masyarakat sidomulyo ini,” katanya. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar