Peristiwa

Waduk Meluap, Padi Milik Warga di Mojokerto Terendam

Luapan Waduk Pandan meluber ke jalan Desa Mojogebang, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras yang menguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto mengakibatkan Waduk Pandan di Desa Mojogebang, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (5/12/2020) meluap. Luapan tersebut merendam tanaman padi milik warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, bedasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda cuaca di Kabupaten Mojokerto terpantau turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Hujan turun dengan durasi cukup lama sehingga mengakibatkan debit air di Waduk Pandan mengalami peningkatan dan meluap ke saluran irigasi di Dusun Dempol, Desa Mojogebang sekira pukul 17.15 WIB. Akibatnya, area tanaman padi milik warga terendam,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, luapan Waduk Pandan menyebabkan tanaman padi milik petani terendam kurang lebih 2 hektar. Sementara air juga masuk ke jalan desa dengan ketinggian kurang lebih 20 cm. Banjir terjadi karena saluran irigasi terlalu kecil sehingga perlu diadakan normalisasi.

“TRC BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan Koordinasi dengan perangkat dan Babinsa setempat terkait hal tersebut. Hingga pukul 18.50 WIB luberan air akibat luapan Waduk Pandan masih menggenangi jalan desa, namun hujan sudah reda,” jelasnya. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk