Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Wabup Timbul Pastikan Stok BBM dan Elpiji 3Kg di Probolinggo Aman

Probolinggo (beritajatim.com) – Wakil Bupati (Wabup) Drs. HA Timbul Prihanjoko pastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji 3kg di Kabupaten Probolinggo aman.

Penegasan tersebut disampaikan pada saat memimpin rapat koordinasi (rakor) pengamanan stok BBM dan elpiji 3 Kg, Jum’at (2/9/2022).

Kegiatan yang digelar di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas arahan Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa dalam rakor secara virtual tentang pengamanan stok BBM dan elpiji 3 Kg untuk wilayah Jawa Timur.

Rakor ini melibatkan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama aparat dari Kodim 0820 Probolinggo, Polres Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi mengatakan, pada awal dimulainya rakor pengamanan BBM dan LPG stok ketersediaan BBM untuk jenis Pertalite dengan kuota 54.754 kl dengan realisasi (per Juli) 46.032 kl.

“Stok BBM Pertalite mencapai 8.722 kl. Untuk Bio Solar dengan Kuota 41.468 kl dan realisasi (per Juli) 24.320 kl. Jadi sock 17.148 kl,” ujarnya.

Menurut Susilo, ketersediaan LPG 3 kg dengan Kuota 29.444 MT/ 9.814.667 tabung. Untuk realisasi (per Juli) 16.612 MT/ 5.537.333 tabung. Sedangkan stocknya mencapai 12.832 MT/ 4.277.333 tabung.

Diketahui, per 1 September di tahun 2022, PT Pertamina (Persero), resmi menurunkan tiga harga BBM non subsidi. Per 1 September 2022 harga BBM non subsidi mengalami penurunan yakni Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex. Selain itu, PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian BBM umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar.

Dalam perhitungan harga jual eceran Jenis BBM umum, untuk jenis bensin dan solar yang disalurkan melalui stasiun pengisian bahan bakar umum. Untuk Pertamax Turbo (RON 98) yang awalnya Rp 17.900,00 turun menjadi Rp 15.900,00, Dexlite yang semula Rp 17.800,00 menjadi Rp 17.100,00 dan Pertamina Dex semula Rp 18.900,00 menjadi Rp 17.400,00.

“Jadi, Pertamina sebagai operator dari kebijakan pemerintah menginformasikan adanya ketersediaan stok dan distribusi hingga saat ini lancar dan aman terkedali. Untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan subsidi yang lebih tepat sasaran, Pertamina mensosialisasikan aplikasi MYPERTAMINA dalam pendataan kendaraan. Data yang telah masuk akan dianalisa dan ditentukan tim bersama oleh BPH Migas dan Badan Pendapatan Daerah,” terangnya.

Ia mengatakan, yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo adalah analisa kebijakan strategis, terkait dengan keterjangkauan harga.

“Jadi sustainability, supply selalu terjaga kelancaran distribusi barang-barang juga diperoleh dari kota lain, maka kelancaran distribusi melalui transportasi dengan berbagai moda harus dipastikan lancar. Komunikasi efektif untuk stakeholder dan masyarakat pengguna selalu tersampaikan sehingga dengan komunikasi yang efektif seperti ini, dampaknya dapat diminimalisir,” paparnya.

Dengan kondisi seperti itu, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengharapkan, fokusnya kepada masyarakat jangan sampai terjadi panic buying yang disebabkan informasi-informasi yang beredar. “Hingga saat ini, BBM bersubsidi masih tidak ada kenaikan harga terutama di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

“Dengan hasil rakor ini, Pemerintah beserta jajaran aparat TNI-Polri bersepakat untuk melakukan kunjungan atau sidak di tempat-tempat pedagang. Harapannya harga jual sembako dari pedagang di pasar tradisional maupun pasar modern tetap terjangkau,” jelasnya.

Wabup Timbul memastikan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo beserta jajaran TNI/Polri akan melakukan pengawasan pengamanan di tempat-tempat SPBU di wilayah Kabupaten maupun Kota Probolinggo.

“Distribusi di tiap-tiap SPBU terus berjalan dengan lancar dan menghindari adanya kekosongan BBM. Ketersediaan stok BBM di Kabupaten Probolinggo dipastikan aman dan tercukupi,” pungkasnya. (tr/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev