Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Wabup Jember Jadi Khatib Salat Id di Masjid Jami Baitul Amin

Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman menjadi khatib salat Idulfitri di Masjid Jami Baitul Amin, Kabupaten Jember

Jember (beritajatim.com) – Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman menjadi khatib salat Idulfitri di Masjid Jami Baitul Amin, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dalam khotbahnya, Gus Firjaun, sapaan akrabnya, menyampaikan, puasa selama Ramadan mengajarkan kepada umat Islam untuk meyakini Allah maha melihat dan memperhatikan.

“Ketika kita puasa walau tidak ada orang dan ada kesempatan, kita tetap tidak makan dan minum,” katanya.

Puasa mengajarkan umat Islam untuk meningkatkan potensi keikhlasan. “Karena puasa tidak bisa dipamerkan atau tidak bisa dilihat orang lain. Ini berbeda dengan ibadah-ibadah yang lain, orang lain bisa tahu seperti salat, mengaji, sedekah dan lain sebagainya. Kalau puasa hanya dia dan Allah yang tahu,” kata Firjaun, Senin (2/5/2022).

“Ketiga, puasa adalah cara untuk menundukkan setan. Karena setan ingin memanfaatkan syahwat sebagai kendaraan untuk menggoda dan mengganggu manusia,. Syahwat itu akan menjadi kuat dengan makan dan minum,” kata Firjaun.

“Dengan puasa; syahwat akan melemah, syahwat bisa pecah, dan itu mempersempit ruang gerak setan dan iblis untuk mengganggu manusia. Sekaligus lapar dan dahaga ini mempercepat beningnya hati,” kata Firjaun.

Keempat, lanjut Firjaun, puasa mengajarkan kepada manusia untuk menghindar dan menahan diri dari hal-hal yang halal. “Diharapkan selepas puasa, orang-orang yang berpuasa terbiasa dengan latihan di bulan Ramadan, sehingga bisa menghindari hal-hal haram. Dengan demikian puasa ini mencetak dan melatih seseorang jadi orang yang bertakwa,” katanya.

Menurut Firjaun, tak ada artinya berpuasa, jika kembali bermaksiat dan mengumbar hawa nafsu setelah Ramadan.

“Mudah-mudahan puasa bisa membentuk diri menjadi orang-orang yang meningkat kualitas ketakwaan dan keimanannya, serta membersihkan hati dari gambar-gambar dunia. Kalau ada gambar-gambar dunia, maka orang itu akan sulit mendapatkan kecintaan dari Alla,” kata Firjaun. (wir/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar