Peristiwa

Viral Pengendara Motor Masuk Tol Sumo Ditilang

Pengendara sepeda motor yang masuk Jalan Tol Sumo diamankan petugas Sat PJR Polda Jatim. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Anggota Sat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim mengamankan pengendara sepeda motor yang masuk Jalan Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto). Pengendara sepeda motor Honda Beat Nopol S 3559 NAK yakni Satimin (65) warga Dusun Kali Cangkring, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim, Kompol Dwi Sumrahadi membenarkan, jika anggota Sat PJR Polda Jatim menghentikan pengendara motor yang salah jalan masuk ke dalam Tol Sumo jalur A yaitu KM 724 pada, Minggu (9/8/2020) sekitar pukul 18.30 WIB. “Pengendara langsung diarahkan ke dalam rest area KM 725,” ungkapnya, Selasa (11/8/2020).

Masih kata Kasat, pengendara sepeda motor kemudian dilakukan penindakan karena telah melanggar Pasal 287 ayat (1) Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan. Yakni setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dengan pidana kurungan maksimal dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

“Pengendara telah melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 karena masuk ke dalam area Jalan Tol sehingga diberi sanksi tilang. Pengendara motor juga tidak mempunyai SIM. Pengakuannya, dia masuk dari wilayah Mojokerto Barat. Kemungkinan, penyebabnya karena¬†faktor usia sehingga tidak sadar masuk ke dalam area Jalan Tol,” jelasnya.


Apalagi, lanjut Kasat, pengendara motor juga tidak mempunyai GPS sebagai petunjuk jalan. Sehingga anggota Sat PJR Polda Jatim melakukan penanganan yakni sepeda motor yang bersangkutan diangkut menggunakan mobil patroli dari Rest Area menuju pintu exit Tol Sumo terdekat.

“Pengendara motor diantar oleh petugas PJR menuju gerbang pintu exit Tol Krian dan kita berikan tilang. Sementara sepeda motornya diangkut menggunakan mobil patroli dari Rest Area menuju pintu exit Tol Sumo terdekat,” paparnya.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan pengendara sepeda motor masuk area jalur Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Minggu (9/8/2020) viral. Ini lantaran kejadian tersebut sempat direkam oleh pengguna jalan dan dibagikan di media sosial Facebook (medsos FB).

Dari rekaman dua video berdurasi 0,59 menit tersebut terlihat pengendara motor yakni seorang laki-laki dengan menggenakan jaket warna kuning melaju kencang di sisi kiri lajur lambat pada jalur-A Tol Sumo. Pengendara mengendarai sepeda motor Honda Beat Nopol S 3559 NAK.

Dia tampak kebingungan tetap melaju, meski sudah ditegur oleh pengguna jalan bahwa salah jalur masuk area jalan tol. Pengendara motor tersebut sempat berhenti di sisi jalan usai diberhentikan oleh pengguna jalan dan selama perjalanan dikawal sampai gerbang pintu tol terdekat. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar