Peristiwa

Viral Penemuan Candi di Gunung Penanggungan Jalur Pendakian Kunjorowesi

Video dengan judul penemuan CANDI baru di Jalur pendakian Pendakian Ngoro viral di media sosial (medsos) Facebook (FB).

Mojokerto (beritajatim.com) – Video dengan judul penemuan CANDI baru di Jalur pendakian Pendakian Ngoro viral di media sosial (medsos) Facebook (FB). Video┬áberdurasi 1,29 detik tersebut memperlihatkan struktur batu bata mirip tangga dan batu besar dengan relief mirip gajah.

Sejumlah orang terlihat di video tersebut sedang membersihkan struktur batu bata mirip tangga tersebut. Hingga berita ini ditulis, belum bisa dikonfirmasi penyebar video di medsos FB tersebut.

Kapolsek Ngoro, Kompol Gatot Wiyono mengaku, belum tahu terkait adanya penemuan candi di jalur pendakian Kunjorowesi tersebut. “Belum tahu. Anggota sudah telp kades, hasil nihil. Dari keterangan pak kades yang di facebook masuk wilayah Perhutani BKPH Penanggungan, KPH Pasuruan,” ungkapnya, Selasa (8/1/2019).

Masih kata Kapolsek, candi yang ada di video tersebut sudah lama ditemukan Balai Penyelamatan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Menurutnya, rencananya akan dipugar setelah dilakukan survey. Sementara itu, pihak BPCB Jawa Timur saat dihubungi mengaku belum mengetahui terkait video tersebut.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan, BPCB Jatim, Sudaryanto mengatakan, masih akan melakukan koordinasi dengan Kepala Seksi (Kasi). “Bentar saya koordinasi kasi dulu, nanti akan komentar,” ujarnya.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar