Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Viral Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah, Hebohkan Warga Lamongan

Penampakan bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah warga Dusun Bandung Desa Karangsambigalih Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Penemuan bunga bangkai berjenis Amorphophallus Paeoniifolius, atau yang juga dikenal dengan sebutan suweg di pekarangan rumah warga Dusun Bandung, Desa Karangsambigalih, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan viral di media sosial.

Diketahui, bunga bangkai tersebut memiliki ukuran yang lumayan besar. Tingginya kurang lebih selutut orang dewasa, dengan diameter sekitar 30 senti meter. Sehingga fenomena langka ini juga menarik perhatian masyarakat sekitar. Bahkan, sejumlah warga rela menempuh jarak beberapa kilometer untuk melihat wujud dari bunga tersebut.

Menurut Yateno, pihaknya mengetahui keberadaan bunga bangkai tersebut sekitar sepekan yang lalu. Namun, saat itu bunga belum merekah seperti saat ini. Kini seiring berjalannya waktu, bentuk bunga bangkai ini semakin membesar.

Ketika berada di dekat bunga yang memiliki mahkota berwarna merah keunguan tersebut, kata Yateno, seketika aroma tidak sedap akan menyeruak ke hidung. “Kalau nggak salah mulai mekar semingguan ini,” ujar Yateno saat dikonfirmasi, Rabu (6/10/2021).

Lebih lanjut, Yateno mengatakan, bahwa tanaman yang tergolong suku talas-talasan tersebut baru pertama kali ini ditemui dan tumbuh di desanya. “Baru kali ini. Saya tinggal di sini sudah sekitar 25 tahun, tapi ya baru kali ini ada (bunga bangkai),” sambungnya.

Dalam keterangannya, Yateno menambahkan, bahwa daun bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah warga ini mekar saat pagi dan sore hari. Saat ini, di sekeliling bunga bangkai ini juga ditancapkan kayu agar orang-orang yang datang untuk melihat tidak serta merta memegang dan merusak bunga tersebut.

Penampakan bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan rumah warga Dusun Bandung Desa Karangsambigalih Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Sebagai informasi, sebelum bunga bangkai ini muncul di Dusun Bandung Desa Karangsambigalih Kecamatan Sugio, pada akhir tahun lalu bunga yang serupa juga tumbuh di Dusun Tarik Desa Dradahblumbang Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar