Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Vaksinasi PMK Perdana Magetan Digelar di Getasanyar, Peternak Bersyukur

Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan menyiapkan vaksin PMK untuk sapi (foto: Fatihah Ibnu Fiqri/beritajatim.com)

Magetan (beritajatim.com) – Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan menggelar vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)perdana bagi sapi perah di Desa Getasanyar, Sidorejo, Magetan, Jawa Timur, Senin (27/6/2022). Vaksinasi ini disambut para peternak dengan penuh kebahagiaan.

Salah satu peternak sapi desa setempat, Nardi mengaku senang akhinnya delapan ekor sapinya kebagian suntikan vaksin PMK. Meski dia menilai langkah Pemkab Magetan cukup lambat.

“Saya bersyukur setelah mendapatkan vaksinasi meski ini cukup terlambat karena desa-desa lain sudah terlanjur kena PMK. Tapi, Pemkab baru kali ini mendatangkan vaksin,” kata Nardi pada beritajatim.com, Senin (27/6/2022).

Dia mengaku sebanyak 12 ekor sapinya masih aman dari PMK. Sementara baru 8 dari 12 ekor yang mendapatkan vaksin, sisanya masih menunggu karena dalam keadaan bunting tua.

Nardi mengaku sejauh ini belum pernah mendapatkan penyuluhan khusus. Dia hanya mendapatkan tutorial pemberian vitamin agar ternaknya terhindar PMK dari media sosial dan informasi yang didapat sesama peternak.

“Saya berikan empon-empon seperti kunyit dan temulawak. Tujuannya supaya nggak gampang sakit saja. Syukurlah tidak ada yang kena,” kata Nardi.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan Nur Haryani menyebut jika pihaknya bakal memfokuskan penyuntikan pada sapi perah terlebih dulu. Untuk di Desa Getasanyar sendiri ada 90 ekor sapi perah yang mendapat suntikan vaksin.

“Sementara untuk sapi perah dulu. Kami sudah terima 2.500 dosis, 500 dosis untuk sapi perah. Seminggu ini kami targetkan selesai untuk menyuntik sapi perah yang masih sehat dan belum terkena PMK,” kata Nur Haryani usai menggelar vaksinasi PMK.

Dia mengakui jumlah vaksin itu masih kurang untuk seluruh populasi ternak sehat di Magetan. Tentu, bakal mendatangkan vaksin lagi namun dia masih belum tahu kapan vaksin selanjutnya bakal datang.

Total ada 753 ekor sapi perah di Magetan yang tersebar di Kecamatan Sidorejo, Plaosan, Poncol, dan Panekan. Baru separonya yang saat ini masih dalam kondisi sehat. Terkini, total ada 2.242 kasus PMK, 1.009 sembuh, 16 ekor mati, dan 10 dipotong paksa. [fiq/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar