Peristiwa

Polisi Sterilkan Gereja di Tuban

Usia 60 Tahun ke Atas Diminta Ikuti Misa Lewat Streaming

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk antisipasi dan menjaga keamanan dalam pelaksanaan Hari Raya Natal, Polres Tuban melakukan pemeriksaan dan sterilisasi sejumlah gereja, Kamis (24/12/2020). Sedikitnya ada tiga geraja di kawasan Kota Tuban yang akan melaksanakan malam Misa Natal dengan pembatasan jemaat.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, sterilisasi gereja menjelang perayaan Natal tersebut dilakukan mulai dari GKJ yang berada di Jl Basuki Rahmad, kemudian gereja Santo Petrus Jl Panglima Sudirman dan GKI Tuban yang ada di kawasan Pasar Sore.

“Kita lakukan sterilisasi gereja di wilayah Kota Tuban, kegiatan ini sebagai deteksi dini dengan cara melakukan pemeriksaan di area dan di dalam Gereja. Ada tiga gereja yang kita lakukan sterilisasi hari ini,” terang Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Chakim Amrullah, usai sterilisasi.

Dalam penyisiran itu, 10 anggota Sat Sabhara Polres Tuban melakukan pemeriksaan secera teliti setiap sudut ruangan gereja menggunakan metal detektor. Tak hanya dalam ruangan, pemeriksaan juga dilakukan di sekitar halaman, taman serta kawasan gereja. Itu sebagai antisipasi keberadaan benda berbahaya maupun bahan peledak.

Setelah dilakukan sterilisasi, gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal kemudian dilakukan penjagaan. Sejumlah petugas gabungan baik dari Polisi, TNI dan juga Satpol PP serta instansi terkait melakukan penjagaan di tempat gereja-gereja yang malam ini melaksanakan ibadah.

Sementara itu, di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini sejumlah gereja di Tuban melakukan pembatasan jumlah jemaat. Pihak gereja juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Syarat prokes secara ketat tetap dijaga, seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, serta jumlah jemaat kita batasi. Untuk yang sudah berusia 60 tahun ke atas disilakan mengikuti misa secara streaming guna mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Romo FX. Otong Setiawan, selaku pihak Gereja Santo Petrus Tuban. [mut/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar