Peristiwa

Usai Salat Gerhana, Warga Mojokrapak Jombang Kenduri Nasi Liwet

Warga Mojokrapak Jombang mengikuti kenduri nasi liwet saat gerhana bulan, Rabu (26/5/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Menyambut gerhana bulan total, puluhan warga Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang menggelar salat gerhana di Masjid As Sami’. Selanjutnya, warga mengikuti kenduri nasi liwet yang merupakan tradisi menyambut datangnya gerhana tersebut.

Warga juga mendoakan anak dari tokoh setempat yang sedang hamil. Mereka berharap seluruh warga selalu diberi keselamatan. Begitu juga dengan wanita yang sedang hamil senantiasa diberi keselamatan.

Sejak petang, puluhan warga ini sudah berkumpul di serambi masjid. Dengan dipimpin tokoh agama, mereka melakukan salat gerhana dengan hikmat. Usai salat sunah itu, dilanjutkan melihat fenomena langka dengan menggunakan teleskop. Sejumlah warga tampak antusias menyaksikan tertutupnya bulan oleh bumi.

Kepala Desa Mojokrapak, Warsubi, ikut guyub bersama warganya. Warsubi juga didampingi anaknya yang sedang hamil. Mengenakan busana warna putih, sang anak mengikuti ritual tersebut dengan hikmat. Semua larut dalam doa-doa. Sementara, nasi liwet lengkap dengan urap-urap serta lauk ayam tersaji di atas daun pisang. Usai membaca doa, warga menyantap masakan khas tersebut.

Warga Mojokrapak melihat gerhana bulan dengan teleskop

Warsubi mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan itu untuk menyukuri fenomena alam yang langka. Sekaligus sengaja menjaga tradisi makan nasi liwet bersama. Apalagi tokoh desa ini sedang menunggu kehamilan cucu dari salah satu anaknya.

“Semoga seluruh warga Desa Mojokrapak senantiasa diberi keselamatan. Juga semoga kelahiran cucu pertama saya lancar dan menjadikan anak yang saleh/salihah,” kata Warsubi usai acara. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar