Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Usai Muntah-muntah, Peziarah Makam Sayyid Sulaiman Mojoagung Jombang Meninggal

Petugas Iden dari Polres Jombang sedang memeriksa jenazah korban, Jumat (27/5/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Ketenangan jemaah musala di sekitar makam Sayyid Sulaiman Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, berubah menjadi kepanikan, Jumat (27/5/2022). Hal itu menyusul ditemukannya seorang peziarah yang meninggal mendadak di musala area makam.

Temuan itu kemudian dilaporkan ke perangkat desa setempat dan diteruskan ke Polsek Mojoagung. “Sebelum ditemukan meninggal, korban sempat muntah-muntah. Makanya dari dalam musala, dia pindah ke teras,” kata Yoyok (40), petugas kebersihan makam Sayyid Sulaiman.

Dari identitas yang ditemukan, pria yang meninggal itu adalah M Fauzi (55) warga Desa Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Bagi warga setempat, Fauzi bukanlah orang asing. Pasalnya, setiap Kamis malam, dia selalu berziarah ke malam ulama yang ada di Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung tersebut.

Memang, setiap Malam Jumat, makam Sayyid Sulaiman selalu dibanjir peziarah. Selain dari Jombang sendiri, para peziarah juga datang dari berbagai kota. Termasuk Fauzi yang merupakan warga Surabaya. “Tapi pas meninggalnya saya tidak tahu. Korban sempat meminta tolong sebelum meninggal,” kata Yoyok menambahkan.

Kepala Desa Mancilan Atim Riduwan membenarkan adanya peziarah yang meninggal di musala area makam Sayyid Sulaiman. Atim juga membenarkan bahwa Fauzi kerap berziarah ke makam Sayyid Sulaiman setiap malam Jumat. “Kemungkinan meninggalnya karena adanya riwayat penyakit atau cuaca. Tidak ada kejanggalan,” kata Kades Mancilan.

Atim menambahkan, dua anak korban juga sudah datang ke lokasi saat jenazah dievakuasi. Karena dua anak Fauzi saat itu sedang berada di salah satu pesantren di Jombang. “Tadi anaknya juga ke sini. Kebetulan anak tersebut mondok di pesantren Jombang,” ujarnya.

Usai mendapat laporan dari desa, sejumlah petugas dari Polsek Mojoagung dan Polres Jombang mendatangi lokasi. Selain melakukan identifikasi, petugas juga mengamankan tas milik korban yang berada di musala. Polisi juga memintai keterangan sejumlah saksi. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar