Peristiwa

Usai Hujan, Sungai Ini Mengeluarkan Busa Setinggi 4 Meter

Warga melihat sungai yang melintasi desanya mengeluarkan busa usai hujan

Jombang (beritajatim.com) – Sungai yang ada di Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Jombang menunjukkan keganjilan usai diguyur hujan, Senin (7/1/2019). Betapa tidak, sungai tersebut tiba-tiba mengeluarkan busa yang cukup banyak.

Sepanjang 200 meter dari sungai itu berbuih warna putih. Tinggi busa tersebut antara 4 hingga 5 meter. Tentu saja, pemandangan tak biasa itu mengundang kehebohan. Warga berbondong-bondong untuk mengobati rasa penasaran dengan melihat secara langsung.

Bahkan tidak jarang, warga memegang air busa tersebut secara langsung. “Rasanya yang seperti air biasa. Saya kira lembut seperti awan,” kata Jono (38), salah satu warga yang berada di lokasi.

Semakin sore warga semakin menyemut. Praktis, jalan raya yang ada di sebelah sungai tersebut melambat. “Sebelum berbusa, kawasan sini hujan deras. Nah, setelah hujan reda, tiba-tiba sungai tersebut mengeluarkan busa cukup banyak,” katanya takjub.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang Iptu Sarwiaji membenarkan adanya fenomena aneh tersebut. Untuk itu pihak kepolisian sudah menerjunkan anggotanya ke lokasi. Namun demikian polisi belum berani menyimpulkan penyebab munculnya busa tersebut.

“Petugas sudah datang ke lokasi untuk mengambil sampel air sungai berbusa itu. Selanjutnya, air tersebut kita kirim ke labfor guna mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Jadi saat ini kita belum berani menyimpulkan,” ujar Sarwiaji. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar