Peristiwa

Update Corona Jatim: Surabaya Orange, Tuban dan Sidoarjo Zona Merah

Peta Sebaran Covid-19 Jatim per tanggal 25 Agustus 2020

Surabaya (beritajatim.com) – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pusat kembali merilis peta risiko baru setiap daerah di Indonesia akan risiko penyebaran Covid-19. Surabaya yang sempat zona orange selama 9 hari (10-19 Agustus 2020), kemudian menjadi zona merah kembali pada 19 Agustus, kini Surabaya ‘balik kanan’ menjadi zona orange.

Data ini berdasarkan hasil perhitungan pada 23 Agustus 2020, dan baru diumumkan pada Selasa, 25 Agustus 2020. Berdasarkan hasil terbaru, terjadi perubahan risiko yang ada di Jawa Timur. Khususnya Surabaya yang dikenal sebagai episentrum penyebaran Covid-19 nasional kini turun status dari zona merah ke zona orange. Kemudian, ada Tuban yang naik status dari zona orange ke zona merah.

“Peta itu kan yang ngitung Satgas Covid-19 pusat, perhitungannya ada tiga berdasar pada epidemiologi, pelayanan kesehatan dan surveillance. Ada 15 indikator, kemudian jadi tiga aspek besar itu,” kata Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi, Rabu (26/8/2020).

Joni menjelaskan, perubahan warna atau risiko ini menjadi pengingat bagi setiap daerah untuk terus tetap waspada. Sebab, penyebaran virus ini terus terjadi dan selalu muncul mutasi virus yang baru.

Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi

“Makanya, kita terus mengingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan di setiap aktivitas,” tutur dokter yang juga Dirut RSU dr Soetomo ini.

Sementara itu, dari peta tersebut juga tampak tidak ada perubahan yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo yang sampai saat ini masih zona merah.

Menanggapi itu, Joni menjelaskan, Sidoarjo masih merah, karena sampai saat ini angka kematian yang terjadi cukup tinggi.

“Memang kami lihat kematiannya sampai sekarang lho tinggi. Warna ini kan dipengaruhi penambahan case, angka kematian, kemudian transmision rate, termasuk persediaan sarana kesehatan. Intinya ada 15 indikator,” pungkasnya. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar