Peristiwa

Untuk Sementara, Tanggul Longsor di Bojonegoro Ditutup Karung Pasir

Bojonegoro (beritajatim.com) – Tanggul Sungai Kalikerjo, Dusun Poluju, Desa/Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro longsor. Untuk mengantisipasi banjir, tanggul tersebut dibangun sementara menggunakan pasir yang dimasukkan ke dalam karung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Umar Ghoni mengatakan, penanggulangan tanggul longsor dibangun sementara dengan cara gotong-royong. Sehingga jika terjadi hujan air tidak meluap ke sawah maupun permukiman.

“Kami mengirimkan 200 zak atau karung plastik dan 40 lembar sesek bambu untuk menutup tanggul yang jebol,” ujar Umar Ghoni, Selasa (7/1/2020). Penanganan sementara itu diharapkan bisa meninimalisir dampak kerugian yang diakibatkan jika hujan. Penanganan dilakukan secara kerja bakti bersama warga sekitar.

“Pembangunan sementara ini diharapkan bisa meminimalisir kerugian jika air meluber,” ujarnya didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bojonegoro, Yudi Hendro Kartono, bersama dengan camat dan pihak desa saat melakukan pemantauan di lapangan.

Umar Ghoni mengingatkan agar warga masyarakat mencermati cuaca, apalagi saat ini sudah mulai memasuki puncak musim penghujan. “Hujan ekstrim atau hujan dengan intensitas tinggi dan lebat harus diwaspadai utamanya untuk wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya banjir bandang,” pungkasnya. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar