Iklan Banner Sukun
Peristiwa

UMKM Penyedia Makan Gratis Lansia di Sidoarjo Ini Kirim Ransum Tepat Waktu

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebelum subuh, Eny (40) sudah sibuk menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan dimasaknya.

Bukan untuk dikonsumsi sendiri, makanan yang ia siapkan diperuntukkan untuk para lanjut usia (lansia) yang menerima program makan gratis dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Jumlah lansia yang mendapatkan bantuan makan gratis totalnya ada 730 orang.

Para lansia itu mendapat jatah makan gratis sehari dua kali. Eny adalah salah satu pelaku UMKM usaha catering makanan yang mendapat kepercayaan untuk melayani jatah makan ransum para lansia di wilayah Kecamatan Sidoarjo.


Lansia yang dilayani Eny jumlahnya 30 orang. Tersebar di beberapa desa dan kelurahan, diantaranya Desa Blurukidul, Lebo, Suko, Kemiri, Kelurahan Sidoklumpuk, Magersari, Lemahputro, Gebang, Rangkahkidul, Pucang, Sidokare, Pekauman, Cemengkalang, Sekardangan dan Celep.

“Melayani khusus wilayah Kecamatan Sidoarjo saja, jumlah lansia yang kami layani ada 30 orang,” ujar Eny Sabtu (20/9/2022)

Oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, para penyedia atau pihak ketiga diminta mengirim makanan tepat waktu. Jam pengirimannya ditetapkan mulai pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB. Sekali kirim langsung dua rantang untuk makan siang dan sore.

Untuk menjaga komitmen itu, Eny dibantu saudaranya setiap kali mengirim jatah ransum makanan para lansia. Ia sendiri meniatkan kerja melayani lansia sebagai ibadah. Melayani lansia bagi Eny seperti melayani orang tua sendiri.

Dorongan ini juga yang membuatnya menjaga pengiriman rantang makanan agar selalu tepat waktu.

Untuk menu makanan, pemilik catering Dapur Bu Eny itu mengikuti aturan dari Dinas Sosial. Mulai dari lauk pauk dan sayuran ia sesuaikan. Karena makanan tersebut diperuntukkan untuk lansia, masakan yang dibuatnya tidak terlalu pedas dan juga rendah kolestrol, seperti tidak terlalu mengandung santan.

“Kita juga menjaga kepedasan dan juga jangan terlalu banyak santan karena yang menerima para Lansia, karena Lansia itu rentan juga, dari Dinas Sosial juga disampaikan seperti ini, aturan itu kita ikuti,” imbuhnya.

Menjelang jam 9 pagi, rantang yang berisi ransum makanan sudah siap diantarkan ke rumah para lansia. Eny dan saudaranya berbagi tugas, wilayah dekat alun-alun Sidoarjo seperti kelurahan Magersari, Sidoklumpuk, Cemengkalang, Lebo dan sekitarnya pengirimannya dihandel sendiri oleh Eny. Sedangkan titik pengiriman seperti di Desa Rangkahkidul dan sekitarnya pengirimannya dibantu saudaranya.

“Saya mengantarkan ke 30 penerima di Kecamatan Sidoarjo saja tetapi pengirimannya saya bagi dua, adik 15 saya 15, saya sebelah Barat, adik sebelah Timur. Kita sudah komitmen dengan Pemkab Sidoarjo menjaga pengiriman tepat waktu,” rincinya. (isa/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar