Peristiwa

Tahun Baru Imlek

Umat TITD Kwan Sing Bio Tuban Berdoa Agar Pandemi Berakhir

Hiasan Lampion yang terpasang di dalam kawasan TITD Kwan Sing Bio Tuban jalan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2572.

Tuban (beritajatim.com) – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan tahun baru Imlek tahun ini di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio jalan RE Martadinata, Kota Tuban tidak mengadakan kegiatan secara khusus, Kamis (11/2/2021) malam.

Umat Tri Dharma di Kabupaten Tuban itu hanya melakukan ritual sembahyang secara terbatas di klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun demikian, pihak Klenteng Kwan Sing Bio Tuban tetap mempercantik pernak-pernik di kawasan tempat ibadah itu sejak beberapa hari terakhir menjelang tahun baru Imlek ke 2572.

Sejumlah lampion juga sudah terpasang di berbagai sudut klenteng tersebut meski tidak ada acara khusus dalam perayaan pergantian tahun. “Kita tidak mengadakan acara secara khusus. Malam ini kita melaksanakan kegiatan sembahyang untuk mendoakan rakyat Indonesia agar terhindar Covid-19,” terang Alim Sugiantoro, Ketua Penilik Definitif Klenteng Kwang Sing Bio Tuban.

Alim Sugiantoro menambahkan, Imlek tahun 2021 ini menjadi tahun dengan Shio Kerbau Logam. Sehingga masyarakat diminta untuk lebih giat dalam menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah. Tujuannya, supaya terhindar dari virus corona.

“Pada Shio Kerbau ini kita harus giat bekerja untuk menangkal Covid-19, dan taat dengan menerapkan 3M, yakni rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Kita berdoa agar bulan depan angka kasus Covid-19 di Indonesia menurun dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” tambah Alim Sugiantoro.

Sejumlah umat dari TITD Kwan Sing Bio Tuban saat melakukan ritual Sembahayang pada malam Tahun Baru Imlek 2572. [foto/M Muthohar]
Alim mengungkapkan bahwa keberadaan TITD Kwan Sing Bio Tuban ini sangat diperhatikan oleh pejabat pemerintah pusat hingga daerah, tokoh nasional, semua pemuda lintas agama termasuk pakar hukum, dan lainnya. Oleh sebab itu, di momen tahu baru Imlek ini pengurus mendoakan meraka semua agar panjang umur dan terhindar dari segala cobaan.

Sementara itu, pada Imlek tahun ini, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban tidak mengadakan kegiatan pembagian angpao secara massal seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun acara itu digantikan dengan membagikan beras. Sedangkan untuk ritual sembahyang pada pagi hari di hari Imlek, dilakukan sendiri-sendiri dengan menerapkan prokes secara ketat guna menekan penularan Covid-19. [mut/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar