Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Uji Kompetensi Wartawan di Malang Raya Dimulai, Ini Pesan Ketua PWI Jatim

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim saat pembukaan UKW di Malang Raya.

Malang(beritajatim.com) – Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto membuka Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya angkatan 33 dan 34, di IKIP Budi Utomo. Pembukaan dilakukan bersama Ketua PWI Jatim Ainur Rohim.

“Kita ini patner kerja, teman-teman media adalah kontrol sosial. Jika diperbolehkan kita akan menggandeng PWI Malang Raya untuk proses UKW di Desember 2021,” kata perwira yang akrab disapa Buher ini.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim meminta kepada 48 wartawan yang mengikuti UKW untuk tidak grogi saat menjalani ujian. Sebab, yang menjadi penguji adalah sesama jurnalis.

“Lulus atau belum berkompeten (tidak lulus) bukan suasana yang harus diratapi, kalau tidak lulus kan bisa daftar lagi entah di Malang atau daerah lain. Jangan nervous, santai saja karena pengujinya teman-teman semua. Terimakasih PWI Malang Raya atas digelarnya UKW ini,” ujar Ainur Rohim, Sabtu, (18/9/2021).

Ainur Rohim menilai UKW sangat penting bagi para wartawan. Sebab, di era saat ini kompetensi wartawan, sangat dibutuhkan. Wartawan harus memiliki wawasan yang luas, gemar membaca dan mempunyai pengetahuan yang luas.

“Dulu pers masuk State Regulation. Sejak 1998 hingga sekarang yang mengatur pers itu adalah pasar. Pers mati bukan karena negara atau pemerintah tapi pasar. Dan itu membutuhkan wartawan yang kompeten, yang gemar membaca dan mempunyai wawasan luas, kalau banyak baca saya yakin akan jadi banyak wartawan luar biasa yang dibaca adalah buku bukan google,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar