Peristiwa

Tuntut Tranparansi DID dan BTT, IYC Demo Pemkab Bangkalan

Aksi IYC di depan kantor Pemkab Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Sekelompok pemuda dari Indonesia Youth Congress (IYC) melakukan unjuk rasa di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Senin (16/11/2020). Mereka menuntut transparansi Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Bantuan Tak Terduga (BTT) penanggulangan Covid-19 yang dinilai tidak berdampak langsung pada pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi.

“Kami meminta transparansi pemerintah tentang penggunaan DID dan dana BTT tersebut. Masyarakat perlu tau anggaran itu digunakan untuk apa saja,” jelas koordinator aksi, Hasbi Abdul Malik.

Diketahui, pemerintah menerima DID sebesar Rp 27 Milyar dari pusat yang digunakan untuk pemulihan ekonomi akibat Covid-19. Sementara dana BTT sebesar Rp 88 Milyar telah terserap separuh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bangkalan, Taufan Zairinsjah mengatakan pihaknya siap untuk memberikan transparansi sesuai tuntutan massa. Ia juga mengaku penggunaan kedua dana tersebut telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Kami siap buka data, kedua dana tersebut kami alokasikan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat. Di masing-masing OPD juga sudah proses realisasi DID,” singkatnya.

Aksi sempat memanas tetapi berlangsung mereda setelah semua tuntutan pendemo disampaikan kepada perwakilan Pemkab Bangkalan. Lalu, massa membubarkan diri dengan tertib dan meninggalkan kantor Pemkab.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar