Peristiwa

Tunawisma di Kota Malang Bakal Disuntik Vaksin

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto.

Malang(beritajatim.com) – Program percepatan vaksinasi juga dilakukan oleh Polresta Malang Kota sedang menyasar para tunawisma, tukang becak dan warga yang kesehariannya tidak pulang atau tinggal di daerah tertentu seperti di emperan pertokoan atau sudut-sudut di Kota Malang lainnya.

“Untuk yang homeless (tunawisma) itu ya kita menunggu vaksin dari Dinkes Pemkot Malang ataupun Polda Jatim untuk pelaksanaannya. Intinya, kami akan akomodir masyarakat di tingkat bawah untuk segera melaksanakan vaksinasi ini,” kata Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto.

Pria yang akrab disapa Buher itu mengatakan vaksinasi bagi tunawisma, tukang becak dan lainnya akan digelar malam hari. Mereka akan membawa tenaga kesehatan yang sudah terbiasa melaksanakan vaksinasi.

“Kami akan melakukan vaksin door to door yang akan kami lakukan malam hari. Khususnya bagi saudara kita seperti tukang becak yang memang malam hari tidur di becaknya dan ruko-ruko. Terus saudara kita yang homeless yang kerja setabutan yang tidur di tempat tertentu,” ujar Buher.

Buher mengatakan, vaksinasi door to door atau dengan cara menghampiri dianggap paling efektif ketimbang meminta mereka datang ke klinik atau gerai vaksinasi. Meski nantinya ditemukan mereka tak memiliki NIK atau KTP selama belum pernah vaksin mereka akan disuntuk vaksin.

“Tidak punya NIK atau KTP tidak masalah, selama dia sehat belum pernah di vaksin. Jadi kita tidak melihat lagi dan memilah-milah. Karena sekarang semua wajib divaksin untuk menuju herd immunity 80 persen,” tandasnya. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar