Peristiwa

Truk Terguling Angkut 15 Penumpang Akan Hadiri Undangan

Sumenep (beritajatim.com) – Para penumpang sebuah truk yang terguling di jalan nasional Desa Banjar Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, tepatnya di KM 8, semuanya berasal dari satu desa, yakni Desa Grujugan, Kecamatan Gapura.

Informasinya, 15 penumpang truk Izusu Elf No Pol M 9086 VE tersebut akan menghadiri sebuah undangan di wilayah Pamekasan.

Kasat Lantas Polres Sumenep, AKP Deddy menjelaskan, kendaraan yang mengalami kecelakaan tunggal itu merupakan kendaraan bak terbuka yang seharusnya hanya untuk barang.

“Kami sudah sering menyampaikan, kendaraan bak terbuka itu tidak untuk mengangkut orang, karena itu merupakan mobil barang,” katanya, Minggu (07/06/2020).

Ia menerangkan, Satlantas Polres Sumenep telah berulang kali melakukan penindakan berupa tilang terhadap pengemudi mobil bak terbuka yang mengangkut orang. Tindakan berupa tilang tersebut sesuai dengan pasal 303 jo 137 ayat 4 UULAJ no 22 tahun 2009 tentang mobil barang mengangkut orang.

“Kami juga melakukan penindakan terhadap mobil angkutan barang yang angkutannya termasuk ODOL (over dimensi dan over Load),” terangnya.

Deddy juga mengimbau kepada pengguna jalan agar lebih berhati hati saat berkendara dan mengutamakan keselamatan diri dan orang lain/ pengguna jalan lainnya. “Dalam berkendara, sebaiknya memperhatikan batas kecepatan yg di tentukan, serta kelayakan kendaraan yg digunakan,’ ucapnya.

Truk Izusu Elf yang terguling itu dikemudikan Nanang Qosim (30), warga Desa Grujugan dengan memuat 15 penumpang. Truk terguling di Desa Banjar Barat, karena kondisi jalan bergelombang.

Truk oleng berjalan ke kanan dan turun dari jalan sehingga hilang kendali. Truk kemudian terguling ke badan jalan, tepat di badan jalan sebelah utara jalan. Penumpang truk pun terlempar keluar bak truk.

Akibat dari kejadian tersebut pengemudi truk mengalami luka-luka dan dirawat di Puskesmas Gapura. Dari 15 penumpang, 2 diantaranya meninggal dunia, yakni Mathawi (60) dan Mina (25), keduanya warga Desa Grujugan, Kecamatan Gapura. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar