Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Diduga Rem Blong di Tanjakan Ekstrem

Truk Muatan Porang Terjun Bebas Timpa Gudang Warga Slahung Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tunggal kembali terjadi di Ponorogo.

Kali ini menimpa truk dengan nomor polisi S 8599 WR yang bermuatan enam ton porang. Laka lantas tunggal itu terjadi di jalur Slahung-Ngrayun, tepatnya di tikungan tajam tanjakan Gembes. Masuk Dusun Gembes Desa/Kecamatan Slahung Ponorogo.

Awalnya truk dari Nganjuk itu mengambil porang di daerah Ngrayun. Setelah muatan penuh, rencananya langsung dikirim ke pabrik di Nganjuk. Namun naas, saat berada di TKP, truk malah meluncur dari tanjakan setinggi lima meter hingga terjun bebas menimpa sebuah gudang milik warga setempat.

Kuat dugaan saat kecelakaan terjadi, rem truk blong. Beruntung tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut. Hanya sopir dan dua kernet mengalami luka ringan. Namun, kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta.

“Kejadian laka lantas tunggal itu terjadi kemarin, truk bermuatan porang kemungkinan remnya blong,” kata Kapolsek Slahung AKP Haryono, Senin (18/4/2022).

Haryono menyebutkan bahwa truk menahan rem sejak masuk di turunan dan tikungan pertama. Karena kondisi jalan yang terus menurun dan rem selalu dipakai membuat rem tersebut panas. Nah, saat memasuki tikungan di TKP tersebut, akhirnya ngeblong. Sehingga membuat truk tersebut melaju kencang dalam turunan. Sempat menghantam guardrail di sisi kiri jalan, namun beratnya beban truk pengaman jalan itu akhirnya jebol.

“Truk akhirnya terjun bebas menimpa gudang yang ada di bawahnya. Kuat dugaan insiden itu diakibatkan rem truk ngeblong,” katanya.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sopir dan dua kernet truk hanya mengalami luka ringan. Menurut Haryono, laka lantas tunggal ini dalam penanganannya diambil alih oleh Satlantas Polres Ponorogo.

“TKP-nya memang lokasi ekstrem, pas tikungan tajam,” pungkasnya. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar