Peristiwa

Tolak Balak Covid-19, Warga Gredek Gresik Keliling Desa Sambil Baca Sholawat

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan warga Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, berkeliling sambil membaca doa serta melantunkan sholawat nariyah. Kegiatan ini buat tolak balak agar desanya terhindar dari pandemi Covid-19.

Sebelum membaca doa dan bersholawat, warga desa setempat terlebih dulu melakukan sholat hajat di masjid yang dihadiri perwakilan desa. Usai melakukan sholat, 12 orang yang terdiri ulama, tokoh masyarakat, karang taruna, dan perangkat desa berkeliling sambil membaca doa dan bersholawat.

Kepala Desa Gredek Muhammad Bahrul Ghofar mengatakan, kegiatan tolak balak ini sengaja digelar untuk berikhtiar secara batin sekaligus sebagai upaya agar warganya terhindar dari berbagai bencana termasuk wabah Covid-19.

“Sholawat Nariyah dibaca sebanyak 339 kali di setiap sudut desa yang dibawakan oleh tiga orang. Setelah selesai ditutup adzan dan iqomat dilanjutkan keliling dan selesai di serambi masjid,” katanya, Jumat (30/07/2021).

Masih menurut Ghofar, bacaan sholawat nariyah ada sejarahnya. Karena itu, usai dibaca harapannya masyarakat terbebas dari segala macam bahaya dan musibah seperti pandemi sekarang ini.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan selama seminggu 7 hari 7 malam mulai hari ini.

“Sebelum melakukan doa dan bersholawat keliling desa. Kami melakukan potong tumpeng untuk dimakan bersama bentuk raya syukur kami kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Muhamad Syaifudin Ghufron (36) salah satu warga mengatakan, kegiatan doa dan bersholawat tolak bala ini menjadi harapan bagi warga. Sehingga, warga merasa lebih tenang saat menjalankan kegiatan kesehariannya tanpa terus dibayang-bayangi virus corona.

“Kami sudah menjalankan usaha untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sekarang berdoa meminta perlindungan Allah SWT agar virus ini bisa segera hilang,” tandasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar