Iklan Banner Sukun
Peristiwa

TNI AL Bantu Warga Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di Pamekasan

Personil TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Batuporon, bersama personil dari berbagai instansi berbeda, membantu bersihkan lumpur sisa banjir di Pamekasan, Minggu (6/3/2022). [Gambar: BPBD Pamekasan]

Pamekasan (beritajatim.com) – TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Batuporon, bersama personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, bahu membahu membersihkan lumpur sisa banjir di beberapa titik di wilayah setempat, Minggu (6/3/2022).

Dalam aksi sosial tersebut, juga tampak hadir sejumlah relawan di wilayah setempat. Di antaranya Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB), Korp Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Palang Merah Remaja (PMR), Pecinta Alam, serta masyarakat setempat.

“Kami dari Lanal Batuporon, dan Peguyuban Angkatan Laut Pamekasan, berkolaborasi dengan BPBD Pamekasan, FRPB, adik-adik pelajar yang tergabung dalam komunitas Pecinta Alam dan PMR, serta komunitas lainnya dan masyarakat, bersama membersihkan lumpur sisa banjir,” kata Danposkamladu Camplong, Letda Laut Fauzan.

Tidak hanya kali ini, pihaknya bersama komunitas berbeda juga sempat melakukan aksi sosial serupa pasca terjadi bencana banjir, Selasa (1/3/2022) lalu. “Pasca banjir beberapa waktu lalu, kami juga bersama membersihkan lumpur dampak banjir di SD Negeri Sumedangan 2 dan Balai Desa Sumedangan, Pademawu,” ungkapnya.

Pihaknya berharap bencana banjir khususnya di Pamekasan, tidak kembali terjadi. Sehingga semua aktivitas warga kembali berjalan normal seperti biasa. “Ini merupakan banjir terbesar di Pamekasan, ada dua lokasi yang sebelumnya tidak pernah terdampak, kali ini justru kebanjiran. Semoga tidak banjir lagi,” harapnya.

Selain itu pihaknya juga sangat berharap agar segera dilakukan pencegahan banjir, mulai dari sosialisasi hingga kegiatan fisik lainnya. “Pencegahan banjir juga sangat penting dilakukan sejak awal, mulai dari pengerukan, penanaman pohon hingga membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai,” jelasnya.

Sementara Menejer Posdalops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi tersebut. “Terima kasih kepada TNI AL Lanal Batuporon, Arsenal, dan Paguyuban TNI AL Pamekasan, PMR, Pramuka, pencinta alam, dan semua masyarakat yang telah berpartisipasi dalam aksi sosial ini,” ungkapnya.

“Dari itu kami sangat berharap kerjasama dan kemitraan ini terus terjalin dan bersinergi, karena apapun bentuk bencana itu merupakan tanggungjawab kita bersama,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Kasi Pengendalian dan Sarpras BPBD Pamekasan. [pin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar