Peristiwa

TMMD Kodim 0817 Gresik Tak Lepas dari Peran Babinsa

Gresik (beritajatim.com) – Kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kodim 0817 Gresik, di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Benjeng, Gresik, tak lepas peran serta Babinsa.

Babinsa merupakan kepanjangan dari Bintara Pembina Desa TNI-AD. Babinsa merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan langsung dengan masyarakat serta sebagai ujung tombak satuan teritorial. Babinsa menyentuh lapisan masyarakat hingga sampai pelosok desa.

Keberadaan Babinsa berada di bawah Koramil (Komando Rayon Militer) dan bagian dari Kodim (Komando Distrik Militer). Babinsa, bisa jadi prajurit yang sangat diperhitungkan oleh negara lain. Bahkan, kemampuannya tidak diragukan lagi.

Disela-sela kesibukan para anggota TNI dalam TMMD ke 107 di Desa Sirnoboyo, Sertu Slamet selaku Babinsa menuturkan, dirinya merasa bangga dengan jabatannya terlebih selama adanya program TMMD.

“Selama satu bulan, kami melaksanakan sejumlah kegiatan fisik dan nonfisik, hasil dari kegiatan itu, alhamdulilah sangatlah bermanfaat buat masyarakat. Seperti kegiatan nonfisik kedepannya bisa diterapkan di kehidupan oleh masyarakat,” ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Untuk kegiatan fisik, sambung Sertu Slamet, kegiatan TMMD sudah berjalan sebelas hari, dan hasilnya sudah bisa di lihat. “Kami juga sampaikan ke masyarakat hendaknya dijaga serta dirawat dengan baik, supaya manfaatnya dapat terasa bukan saat ini namun sampai di kemudian hari,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar