Peristiwa

TKD Beralih Fungsi, Warga di Mojokerto Unjuk Rasa di Balai Desa

Aksi warga Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto di Balai Desa setempat. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan warga Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto menggelar aksi unjuk rasa di kantor Balai Desa Padusan. Massa menuntut kejelasan Tanah Kas Desa (TKD) seluas 2 hektar yang beralih fungsi menjadi tambang pasir.

Dengan mengendarai sepeda motor dan membawa poster dan spanduk yang bertuliskan tuntutan. Seperti poster dan spanduk bertuliskan ‘Kami Butuh Perangkat Desa Yang Transparansi’, ‘Save TKD Kami’ dan lain sebagainya, massa menuju Balai Desa Padusan.

Sampai di Balai Desa Padusan, perwakilan massa langsung ditemui pihak Desa Padusan. Dalam mediasi tersebut, perwakilan massa mempertanyakan beberapa hal. Mulai dari kejelasan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Struktur organisasi Bumdes serta surat keputusan Bumdes.

Koordinator aksi, Erwin Rizaldi mengatakan, warga menuntut kejelasan TKD. “Tentang sewa menyewa TKD karena banyak sekali material bangunan seperti pasir dan batu yang sering dimuat oleh kendaraan berat dari lokasi TKD,” ungkapnya, Kamis (14/11/2019).

Masih kata Erwin, banyaknya material yang keluar dari TKD dinilai warga sudah melanggar perundang-undangan. Sehingga harus ditegaskan dan diluruskan oleh pihak Desa Padusan. Erwin menyebutkan, adanya aktivitas penambangan di TKD dikeluhkan warga.

“Kami mendapatkan 3 laporan dari masyarakat, bongkar muat paving, aktivitas galian pasir sampai aktivitas keluar masuknya batu-batu besar yang dilakukan proses pemecahan. Hal ini yang sedang kami pertanyakan karena pihak desa tidak pernah sosialisasi terkait hal ini,” katanya.

Menurutnya, pihak desa belum pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan TKD terhadap pihak ketiga. Erwin menambahkan, fungsi TKD masih belum jelas sehingga warga datang untuk meminta kejelasan terkait TKD tersebut. Hingga kini, pihak Desa Padusan enggan berkomentar terkait tuntutan warga soal TKD Padusan yang beralih fungsi yang menjadi tuntutan warga tersebut.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar