Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tirta Pandalungan Dirikan Tandon Air Bersih untuk Korban Banjir di Bumi Mangli Jember

Jember (beritajatim.com) – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pandalungan memastikan ketersediaan air bersih untuk korban banjir bandang di Perumahan Bumi Mangli Permai, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Mereka sudah bergerak menyuplai air bersih sejak Minggu (9/1/2022) malam, setelah air banjir surut. Air bersih itu selain digunakan untuk membersihkan rumah dari kotoran material lumpur yang dibawa oleh banjir. Perumdam memiliki tiga unit mobil tangki air yang siap diberangkatkan sewaktu-waktu jika diperlukan.

“Kami setiap hari menyuplai 5-6 tangki air bersih. Satu tangki isinya lima ribu liter. Selain itu, kami juga mendirikan dua tandon berkapasitas empat ribu liter di dua titik perumahan yang mengalami kesulitan akses transportasi untuk pengiriman bantuan air,” kata Pelaksana Harian Kepala Bagian Umum dan Personalia Perumdam Tirta Pandalungan Yudi Indrawan, Selasa (11/1/2022). Tirta Pandalungan juga menyuplai kebutuhan air untuk dapur umum.

Air bersih memang menjadi salah satu yang paling dibutuhkan korban banjir. Elvana Kusdijanto, Kepala Bidang Pelayanan Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember, mengatakan ada sejumlah sumur yang tercemar akibat banjir bandang. “Kami melakukan kegiatan dengan 35 orang personel (untuk membersihkan sumur),” katanya.

Air sumur tidak terlalu keruh, karena air banjir cepat surut. “Namun kan sudah terkontaminasi. Itu yang mengkhawatirkan sehingga sementara waktu tidak bisa dikonsumsi,” kata Elvana.

Banjir bandang yang terjadi minggu (9/1/2022) kemarin terjadi di tiga kecamatan yakni Kaliwates, Rambipuji, dan Panti. Sebanyak 543 rumah tergenang air, 1.882 jiwa terdampak, 1 unit rumah rusak, 4 unit fasilitas umum terendam air dan 3 warga meninggal dunia. Daerah terdampak paling parah adalah Perumahan Bumi Mangli Permai di Kaliwates. [wir/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar