Peristiwa

Tingkat Partisipasi Pemilih Jadi Kunci Kemenangan Petahana di Jember

Kamil Gunawan, anggota Dewan Penasihat Partai Nasional Demokrat Jawa Timur

Jember (beritajatim.com) – Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan menentukan siapa yang jadi pemenang. Perubahan kepemimpinan di Jember bisa terjadi jika tingkat partitipasi warga dalam pilkada tinggi.

Hal ini dijelaskan Kamil Gunawan, anggota Dewan Penasihat Partai Nasional Demokrat Jawa Timur, Jumat (21/8/2020). “Hasil survei petahana (Bupati Faida) memang masih tertinggi. Tapi ingat, orang Jember yang menentukan pilihan, baru 38 persen sekian,” katanya mengacu survei internal.

Dengan kata lain, menurut Kamil, masih banyak warga Jember yang belum menentukan pilihan atau berterus terang mengungkapkan pilihannya. “Jadi, semakin kecil tingkat partisipasi masyarakat, maka yang akan diuntungkan adalah petahana,” katanya.

Kamil pun menyerukan kepada masyarakat Jember untuk datang ke tempat pemungutan suara saat Hari-H pemilihan. “Partisipasi pemilih tidak boleh rendah untuk menang (atas petahana). Minimal tingkat partisipasi 80 persen pemilih,” kata pengusaha beras ini.

Kamil memperkirakan, jika tingkat partisipasi warga mencapai 80 persen, diperkirakan petahana hanya akan memperoleh suara 29-32 persen dari total jumlah pemilih yang hadir dan menggunakan hak mereka. Sebanyak 68-71 persen suara sisanya akan menjadi miliki kandidat lawan petahana.

Besarnya persentase pemilih yang tak akan memilih petahana inilah yang membuat Kamil percaya diri. “Sekalipun ada tiga pasang kandidat, saya punya keyakinan, pasangan Haji Hendy Siswanto dan Gus Firjaun akan memenangkan pertarungan. Apalagi head-to-head (dengan petahana),” kata Kamil.

Saat ini, Partai Nasdem dan Partai Demokrat sudah memastikan diri akan mengusung dan mendukung pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun dalam pilkada. Jumlah partai yang berkoalisi bisa bertambah. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar