Peristiwa

Tingkat Kepatuhan Rendah, Warga Kota Malang Disanksi Sosial

Sanksi sosial bagi warga yang tidak bermasker di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang melakukan razia kepada warga yang tidak menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah. Apalagi tingkat kepatuhan warga Kota Malang dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 masih 60 persen.

Razia dipimpin oleh Wali Kota Malang, Sutiaji dan Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata. Razia tersebut dilakukan di sepanjang kawasan Balai Kota atau Alun-alun Tugu hingga kawasan Stasiun Malang, Kamis (10/9/2020).

Sejumlah warga yang terjaring razia antara lain pengendara roda dua, pejalan kaki hingga pengamen. Sanksi sosial yang diberikan bagi warga tak bermasker diantaranya, menghafalkan Pancasila, push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga menggunakan kalung bertuliskan ‘Saya Melanggar Protokol Covid-19. Jangan Seperti Saya.’

“Tingkat kepatuhan warga bermasker 60 persen. Ini upaya untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker. Sebab, belakangan, angka penyebaran Covid-19 semakin cepat. Kalau masyarakat tertib, maka angka penyebaran bisa ditekan,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, razia ini untuk menyadarkan masyarakat yang masih abai dengan tidak menggunakan masker. Menurutnya melalui razia masker masyarakat diharapkan semakin sadar pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Selain merazia Forkompimda juga membagikan 40 ribu masker dari Polresta Malang Kota. Polisi bakal menerapkan sanksi disiplin terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker selama masa operasi mulai 24 Agustus hingga 24 September 2020. Sanksi disesuaikan dengan Peraturan Wali Kota Malang (Perwal) Nomor 30 Tahun 2020.

“Sebenarnya pelaksana penertiban adalah Satpol PP. Tetapi TNI/Polri hanya membantu back up. Operasi ini sebagai salah satu penegakan hukum terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker,” tandas Kapolresta Malang Kota Leonardus Simarmata. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar