Peristiwa

Tinggi Gelombang Capai 2 Meter, BMKG Warning Pelayaran ke Kepulauan

Sumenep (beritajatim.com) – Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumenep meminta agar seluruh pelayaran ke kepulauan Sumenep waspada, karena cuaca kurang bersahabat.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, tinggi gelombang di Perairan Masalembu dan Kangean mencapai 2 meter.

“Kondisi seperti itu harus diwaspadai untuk pelayaran, terutama perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal fery,” kata Kepala BMKG Sumenep, Usman Khalid, Jumat (18/01/2019).

Untuk mencapai Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget diperlukan waktu tempuh 10-12 jam pelayaran dalam kondisi cuaca normal. Sedangkan untuk menuju Pulau Masalembu, diperlukan waktu tempuh 12-14 jam dari Pelabuhan Kalianget.

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. “Sedangkan untuk curah hujan di Sumenep, saat ini intensitasnya sedang hingga lebat, berpotensi petir dan angin kencang,” terang Usman.

Ia juga meminta agar masyarakat mewaspadai terjadinya angin puting beliung, terutama di daerah-daerah yang rawan seperti lahan pegaraman. “Kondisi hujan seperti sekarang ini juga rawan terjadinya angin puting beliung. Jadi masyarakat diminta waspada, termasuk juga potensi banjir dan tanah longsor,” ucapnya. (tem)





Apa Reaksi Anda?

Komentar