Peristiwa

Tim Satgas Covid-19 Akan Telusuri Kontak Erat Jenazah yang Diambil Paksa

Sumenep (beritajatim.com) – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep memastikan segera melakukan tracing terhadap kontak erat jenazah pasien Covid-19 yang diambil paksa oleh keluarganya dari RSI Kalianget.

“Kami sudah menyiapkan langkah-langkah untuk menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya, penelusuran kontak erat pasien. Nanti tracing itu dilakukan oleh dinas terkait,” kata Humas Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Senin (25/01/2021).

Ia menyayangkan pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 oleh keluarganya. Karena seharusnya, untuk pasien yang terkonfirmasi positif, maka pemulasaran jenazah dilakukan dengan protokol Covid.

“Kalau jenazah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, maka pemakamannya harus melalui protokol Covid. Tidak bisa dimakamkan dengan proses pemakaman biasa,” terangnya.

Sebuah video berisi pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 dari RSI Kalianget, Sumenep oleh pihak keluarga, ramai menyebar melalui platform WhatsApp dan media sosial.

Dalam video itu, terlihat jenazah ditutupi tikar, didorong menggunakan tempat tidur pasien yang beroda. Awalnya di video itu terlihat di halaman RSI Kalianget, jenazah dikerumuni banyak orang. Suara tangis terdengar dalam video tersebut. Lalu, jenazah di dorong hingga jalan raya.

Video lain, jenazah yang didorong menggunakan tempat tidur pasien telah sampai di rumah keluarganya. Dalam rekaman video amatir itu, juga terlihat ada seseorang pria yang melarang media untuk masuk ke rumah pasien tersebut.

Informasi yang berkembang di warga, jenazah tersebut atas nama Hj. SHY, warga Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, Sumenep.

Penjelasan dari RSI Kalianget, pasien tersebut masuk ke RSI pada 11 Januari 2021. Pasien sudah pernah diperiksa ke RS Paru Pamekasan dengan diagnosa radang paru-paru. Ketika masuk RSI, pasien tersebut berstatus suspek Covid-19. Pada 12 Januari 2021 dilakukan tes swab terhadap pasien itu. Pada 13 Januari, hasil swab keluar dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar