Peristiwa

Tim SAR Fokus Cari 7 Korban Bencana Tanah Longsor Nganjuk

Nganjuk (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari Tim Basarnas, TNI, Polri dan para relawan kembali melanjutkan proses pencarian korban tanah longsor di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Pada pencarian hari ketiga ini, tim fokus di sektor A, yang sebelumnya ditemukan titik-titik baru.

Kali ini Tim SAR fokus mencari 7 korban yang tertimbun longsor. Tingginya curah hujan sejak petang kemarin hingga dini hari tadi, membuat pencarian tetap dilakukan dengan alat berat.

Sementara itu, malam tadi dari hasil rekomendasi alat seismograf tanah di sektor a dinilai sangat rawan. Sehingga, Tim SAR memutuskan untuk membatasi pergerakan relawan, hingga sampai di titik B. Sedangkan yang diperbolehkan di sektor A, hanyalah Tim SAR dan alat berat.

“Hari ini pembagian sektor sama dengan kemarin. Jadi ada dua sektor A dan B. Kemungkinan di sektor A. Meskipun sektor B, hari pertama ditemukan satu. Tadi pagi untuk pencarian ditemukan titik titik baru. Kurang lebih ada dua titik. Hari ini kira targetkan disitu,” kata Farid, koordinator Basarnas, Rabu (17/2/2021).

Ditambahkannya, karena semalam hujan turun cukup lama, maka berdampak pada risiko yang dialami tim pencari. “Tadi malam memang hujan ringan, tetapi cukup lama. Ini tadi dilakukan asasment ulang dan diturunkan dua unit drone dari BPBD Jatim dan Nganjuk untuk melakukan pemetaan udara. Kemudian tadi malam dipasang seismograf, merekomendasikan bahwa rumah di sekitaran sini sangat berisiko sekali. Maka aktivitas relawan dan tim sar dibatasi di area sektor B,” jelasnya.

Pembatasannya tersebut dilakukan dari titik kumpul atau lokasi stand by di atas jembatan. Sehingga, dilakukan penyekatan di titik tersebut.

Sementara itu, fokus pencarian para korban dilakukan di sektor A. Pasalnya dari pengamatan kemarin, ditemukan titik-titik baru, yang diduga lokasi korban tertimbun. Sejauh ini 14 orang telah dievakuasi tim SAR dari lokasi longsor. Dua ditemukan selamat, sedangkan 12 orang meninggal dunia. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar