Peristiwa

Kebakaran Gunung Raung

Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi Kirim 7 Personel Evakuasi 13 Pendaki

Tim BPBD sedang melakukan koordinasi untuk evakuasi pendaki yang terjebak Kebakaran, Foto:Rindi

Banyuwangi (beritajatim.com) – BPBD Banyuwangi mengirimkan tim reaksi cepat (TRC) untuk perbantuan di Gunung Raung yang mengalami kebakaran. Selain itu, tim tersebut juga menyiapkan bantuan untuk evakuasi 13 pendaki yang terjebak di lereng Gunung Raung.

“Kita sudah kirimkan sebanyak 7 Personel untuk membantu di sana. Mereka akan berkordinasi dengan tim BPBD Jember di bawah koordinator Basarnas Jember,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam, Sabtu (5/10/2019).

Tim tersebut langsung meluncur ke Pos Sekretariat Pendakian Gunung Raung di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kalibaru. Selain berkordinasi dengan tim perbantuan lain, tim TRC juga membawa berbagai peralatan bantuan dan logistik.

“Mereka dilengkapi peralatan kedaruratan dan juga Logistik untuk para pendaki dan juga tim lain,” pungkasnya.

Sejauh ini, kondisi hutan di lereng Gunung Raung masih terbakar. Kepulan asap masih terlihat membumbung tinggi.

Sementara, kondisi 13 pendaki sudah berada di posisi aman. Awalnya mereka istirahat di camp 9, namun melihat kondisi kebakaran mereda mereka berhasil melanjutkan perjalanan sampai di camp 4.

“Mereka sudah aman di camp 4 sekitar jam 3 dini hari, mereka istirahat dan tim perbantuan awal sudah ketemu dengan Survival di sana,” kata Kordinator Operasi Basarnas Jember, Asnawi Suroso. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar