Peristiwa

Tim Gabungan TNI-Polri di Surabaya Gelar Razia Corona di Cafe

Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Surabaya dan Polrestabes Surabaya menggelar operasi pembubaran warga yang berkumpul di cafe dan warung kopi wilayah Wonokromo, Surabaya.

Berbeda dengan sebelumnya, jika operasi pembubaran hanya dilakukan untuk membubarkan kerumunan. Pada malam ini kepolisian didampingi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menggelar rapid tes.

Uji darah langsung di lokasi tersebut dilakukan untuk meninjau seperti apa kondisi kesehatan warga di ‘Kota Pahlawan’ ini. Terlebih tentang penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Biasanya hanya didampingi oleh Linmas, TNI, dan Satpol PP. Tapi malam ini kita didampingi oleh Dinkes. Dinkes melakukan oengecekan darah menggunakan rapid tes. Jadi diharapkan nantinya bisa memberikan peta peredaran virus corona ini,” jelas Iptu Arie kepada┬áberitajatim.com, Selasa (14/4/2020).

Sementara itu dalam uji kesehatan ini Kepolisian Polrestabes Surabaya dan Tim medis mengambil sampel darah pengunjung cafe saat rapid test COVID-19. Rapid test yang diikuti puluhan pengunjung cafe.

Mereka antusias meski beberapa diantaranya mengejamkan mata saat disuntik jarum karena menahan sakit. Tak berbeda jauh dengan pengunjung lainnya, ada beberapa warga yang menolak dan pergi karena tes darah ini.

“Kita tidak bisa mengetahui apakah warga yang nongkrong ini sehat (tak terjangkit corona.red). Yang pasti sampel darah sangat membantu dan diharapkan warga juga mendukung dengan berkenan untuk dilakukan tes,” harapnya.

Sementara pihak Dinkes enggan memberikan keterangan terkait tes ini. Mereka hanya mengucapkan bahwa uji tes ini membutuhkan waktu. Sehingga tak bisa langsung diketahui apakah terjangkit corona atau tidak. Dari pengamatan beritajatim.com, petugas dinkes mengenakan alat pengaman diri (APD) lengkap. Sedangkan pihak kepolisian atau petugas lainnya hanya mengenakan masker saja.

Pihak jurnalis yang ikut mengambil gambar pun dilarang berdekatan. Kita dimijta menjaga jarak minimal 1 meter hingga 2 meter dari objek. (man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar